Wakaf Khalid bin Walid Bantu Kemenangan Umat Islam dalam Peperangan

Artikel Wakaf, Berita, Inspirasi

Dahulu, banyak dari generasi para sahabat yang hidup dalam kekurangan dan kefakiran. Meskipun demikian, mereka tetap menunaikan wakaf.

Hal itu tetap terjadi dan terus berlangsung sepeninggal Rasulullah. Tidak heran jika banyak dari mereka wafat tanpa meninggalkan harta kecuali hanya sedikit sekali.

Di antara wakaf paling menakjubkan yang ditunaikan oleh para Sahabat, adalah wakaf dari Khalid bin Walid RA. Ia mewakafkan baju-baju besi dan perlengkapan perangnya di jalan Allah.

Seperti yang diketahui, Khalid bin Walid adalah Panglima Perang. Ia jenderal di lapangan pertempuran. Sebagai komandan militer, namanya menggetarkan lawan-lawannya.

Dia adalah otak di balik kemenangan pasukan Quraisy mengalahkan pasukan Muslim dalam Perang Uhud tahun 625 M.

Setelah memeluk Islam, ia menjadi pembela terdepan. Rasulullah SAW pun memberinya julukan “Syaifullah” (pedang Allah). Ia menjadi komandan perang di barisan Muslim yang memenangi berbagai pertempuran.

Ketika Khalid hendak pergi berperang, ia memanggil 100 orang pasukan berkuda dan memberi mereka 100 pedang, 100 tombak, serta 100 ekor kuda perang. Semua itu ia jadikan sebagai wakaf untuk Allah.

Bahkan ketika Khalid wafat, dia tidak meninggalkan harta, kecuali baju yang dia pakai. Sehingga anak-anaknya pun tidak mendapatkan harta warisnya sebab harta peninggalannya sudah habis untuk diwakafkan.

Pernah sewaktu-waktu, Umar ditugaskan oleh Raasulullah untuk menagih zakat fitrah dari kaum muslimin. Lalu Umar melaporkan bahwa ada tiga orang yang tidak membayar zakat fitrah, salah satunya Khalid bin Walid.

Lalu Rasulullah SAW berkata, “Adapun Khalid, kalian telah berbuat zalim kepadanya. Dia telah mewakafkan seluruh perbekalan dan perlengkapan miliknya di jalan Allah.”

Beliau melanjutkan, “Semua telah tergadai dan menjadi wakaf di jalan Allah. Apakah dalam harta wakaf terdapat kewajiban membayar zakat? Wahai Umar, mengapa engkau meminta zakat darinya padahal dia telah mewakafkannya?”

Masya Allah!

Berkat wakaf dari Khalid bin Walid itulah menjadi salah satu jalan kaum Muslim untuk bisa menang dalam berbagai perang.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!