Tangkal Hoax dengan Tabayun

Berita

Hari ini, informasi apa yang tidak tersebar dengan cepat? Mulai dari konten meme sampai informasi aktual yang terjadi di dunia.

Sayangnya di antara berjuta-juta informasi itu, turut terselip informasi yang tak benar, bahkan mengandung kebohongan (hoax). Walaupun kita tidak menuliskannya dan hanya ikut menge-share, ternyata tetap akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah kelak.

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS Al Isra: 36)

Rasulullah bahkan menyebutnya sebagai pendusta. “Cukuplah seseorang dikatakan sebagai pendusta apabila dia mengatakan semua yang didengar.” (HR Muslim no. 7)

Karena itu jangan tergesa-gesa dalam menyebarkan informasi apapun. Allah bahkan selalu mengingatkan kita untuk memeriksa suatu informasi secara teliti dengan mencari bukti kebenaran informasi tersebut.

“Wahai orang orang yang beriman, jikadatang kepadamu orang fasik membawa suatu informasi, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS Al Hujuraat: 6)

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!