Serunya Ngariung Lumbung Desa Cigalontang Bersama Para Warga!

Berita, Laporan Penyaluran

Akhir minggu lalu, Kak Ihsan selalu pendamping Lumbung Desa bersama organisasi remaja Cigalontang (Formaci) dan kelompok wanita taninya ‘ngariung’ atau berkumpul, untuk berdiskusi bagaimana cara memperkuat organisasi kampung mereka.

Di sini, dengan serius, namun tetap kreatif dan seru, Kak Ihsan menggunakan beberapa cara.

Metode OPERA: menentukan dan menyepakati nilai organisasi dengan seluruh anggota terlibat langsung di dalamnya.

Lalu dilanjut dengan pengisian Team Charter Canvas yang diumpamakan dengan visualisasi sebagai sebuah bus yang berjalan. Tentu di dalamnya memiliki supir (ketua), penumpang yang membawa barang-barang (anggota yang membawa karakter, skill, dll) ke dalam bis (tim/organisasi), tujuan tim,  bahan bakar/pom bensin (sumber energi organisasi), ekspektasi tim, nilai tim, rintangan (batu kerikil di jalan), dan cara mengatasi masalah jika terjadi trouble di perjalanan.

Meskipun terdengar memusingkan, tapi ternyata para pemuda dan petani wanita ini asyik sekali lho mengerjakannya. Bagi mereka, ini adalah jalan agar kolaborasi semakin solid.

“Saat perlu inovasi, kita butuh kolaborasi,” kata Fitri, salah seorang pemuda.

Nah sahabat, begitulah cara kreatif Lumbung Desa membina dan memberdayakan warga Cigalontang. Sahabat juga bisa berkontribusi untuk membangun masyarakat desa yang berdaya.

KLIK Donasi di sini

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!