Sedekah, Naungan Terbaik di Akhirat

Berita

Home » Berita » Sedekah, Naungan Terbaik di Akhirat

Diantara kedahsyatan keadaan Padang Mahsyar yang dikabarkan oleh Rasulullah salah satunya adalah matahari didekatkan sejauh satu mil dari mereka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Matahari akan didekatkan pada hari kiamat kepada seluruh makhluk, hingga berjarak satu mil.” (HR Muslim)

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Jarak satu mil ini, baik satu mil yang biasa atau mil alat celak, semuanya dekat. Apabila sedemikian rupa panasnya matahari di dunia, padahal jarak antara kita dengannya sangat jauh, maka bagaimana jika matahari tersebut berada satu mil di atas kepala kita?” (Syarah al ‘Aqidah al Wasithiyyah, 2/134)

Maka ketika itu, manusia akan sangat membutuhkan naungan yang dapat melindunginya dari panas matahari. Allah pun akan memberikan naungan kepada sebagian hamba pilihan-Nya. Salah satu hambaNya yang akan memperoleh perlindunganNya adalah orang yang gemar bersedekah.

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya hingga diputuskan hukum antara manusia.” Yazid berkata, “Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah dengan sesuatu walaupun hanya dengan sebuah kue ka’kah, bawang atau yang lainnya.” (HR Ahmad dan dishahihkan oleh Syaikh al AlBani)

Sahabat, keberadaan kita hingga hari ini adalah bukti bahwa Allah masih memberikan kita kesempatan untuk memperbanyak amal kebaikan, terutama sedekah. Jangan sampai penyesalan datang setelah kita berbalut kain kafan.

“Rabbi, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah…” (QS Al Munafiqun: 10)

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by