petani, pertanian, lumbung desa, petani wanita, sayuran organik, demplot, pertanian, lumbung desa, cigalontang

Petani Wanita Kembangkan Sayuran Organik melalui Demplot

Sahabat, pembentukan demplot (lahan percontohan) sayuran organik menjadi ikhtiar yang diharapkan berdampak besar bagi warga binaan Sinergi Foundation di Lumbung Desa Cigalontang Tasikmalaya.

Selama berlangsungnya demplot, para petani yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) memperoleh bantuan bibit dan edukasi penanaman tanaman organik untuk menghasilkan produksi yang optimal.

Sayuran organik yang dikembangkan di demplot ini di antaranya bawang daun, kangkung, bawang, pisang cavendish, labu muda, dan cabe rawit.

Demplot sayuran organik ini menggunakan lahan kurang produktif yang dimiliki anggota KWT bernama Ucu. “Saya sangat senang dengan kegiatan ini. Selain memiliki ilmu yang insya Allah bisa bermanfaat, lahan saya pun jadi produktif. Semoga kelak hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan para anggota KWT,” tuturnya.

Selain demplot, pendamping program Lumbung Desa pun mengajak anggota KWT untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanaminya tanaman produktif. Dengan begitu, ini bisa menjadi penyediaan gizi bagi warga binaan Sinergi Foundation di Kampung Cibaeud, Cigalontang, Tasikmalaya.

Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Jika dioptimalkan, pekarangan ini dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.

Seluruh kegiatan KWT ini dioptimalkan dari donasi zakat yang sahabat titipkan. Dengan Sinergi Zakat, mari sejahterakan lebih banyak masyarakat desa.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by