Pengertian Wakafpreneur, Apa Bedanya dengan Entrepreneur? – Dalam dunia bisnis, kita mengenal istilah entrepreneur dan entrepreneurship. Istilah entrepreneur disematkan untuk wirausaha atau pelaku bisnis. Sementara entrepreneurship, secara singkat diartikan sebagai kewirausahaan.

Sebelum kita bahas pengertian Wakafpreneur, mari sedikit bahas terkait kewirausahaan.

Kewirausahaan pada dasarnya adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperoleh keuntungan yang maksimal. (Dikutip dari kajianpustaka.com)

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, istilah entrepreneur ini menjelma ke dalam berbagai bentuk. Diantaranya ada muslimpreneur, istilah yang dikaitkan dengan sosok pengusaha muslim. Ada juga sosiopreneur, sebutan untuk entrepreneur sosial.

Pengertian Wakafpreneur

Begitu halnya dengan pengertian wakafpreneur. Wakafpreneur bisa diartikan sebagai sosok/ persona/ entitas yang memiliki kapabilitas sebagai pengelola wakaf di sektor usaha/ bisnis dan sosial pemberdayaan berorientasi peradaban. Wakafpreneur juga bisa dimaknai sebagai entrepreneur muslim yang berkarakter nadzhir (Wakafpreneur Academy, 2022)

Bila wakafpreneur mengarah pada pelakunya, wakafpreneurship sendiri mengarah pada kegiatannya. Wakafpreneurship adalah semangat serta perilaku seorang wakafpreneur dalam mengelola wakaf di sektor bisnis.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia dengan potensi wakaf yang luar biasa. Menurut Badan Wakaf Indonesia (BWI), potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp 180 Triliun.

Sementara potensi wakaf tanah di Indonesia sendiri mencapai jumlah 414.829 lokasi dengan luas 55.259,87 hektar. Sayangnya, wakaf yang terhimpun di masyarakat baru sekitar Rp 860 miliar.

Sebab itu, adanya wakafpreneur, diharapkan bisa memanfaatkan dan mengelola wakaf ini dengan sebaik-baiknya.

Sinergi Foundation sebagai Wakafpreneur

Sinergi Foundation adalah lembaga yang telah lama berkecimpung di dunia wakaf produktif. Ia menggulirkan dana wakaf dalam usaha-usaha dan bisnis, agar hasilnya bisa maksimal memberikan manfaat bagi sesama. Entah untuk pendidikan, sosial, keagamaan, dan lain-lain.

Anda tertarik ingin berwakaf di Sinergi Foundation? Klik DI SINI untuk informasi seputar wakaf lebih lanjut.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!