Pendidikan Gratis Berbasis Wakaf, Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation Siap Di-launching

Sinergi Foundation berkolaborasi dengan Al Fatih Pilar Peradaban akan menyelenggarakan launching “Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation” di area Cileunyi Bandung, Sabtu (3/3/2018). Ini merupakan lembaga pendidikan gratis pertama untuk semua kalangan, berbasis wakaf dan dana kebaikan lainnya, yang halal dan tak mengikat.

“Melalui Kuttab Al Fatih – Sinergi Foundation, yang dibangun melalui dana wakaf, SF bercita-cita membangun pendidikan yang tak dibatasi strata sosial. Poin pentingnya, pendidikan ini dilandasi pula oleh landasan utama ajaran Islam, yakni Al Quran dan Sunnah,” tutur CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia.

Ia mengingatkan, sejarah gemilang peradaban Islam selalu berakar dari keadilan dan kesetaraan di ranah pendidikan. Tak peduli kasta, rupa, warna, ataupun suku bangsa, kata Ima, semua berhak mengenyam pendidikan terbaik, dan salah satunya melalui kuttab. Ini terbukti berhasil di masa salafus salih.

Kuttab sendiri adalah tempat utama di dunia Islam untuk mengajari anak-anak. Ima berkisah, keberadaan Kuttab begitu agung dalam kehidupan masyarakat Islam, khususnya dikarenakan Kuttab adalah tempat anak-anak belajar Al Quran dan tempat mengajarkan betapa mulianya ilmu dalam syariat Islam.

“Dahulu kuttab mengukir lahirnya karya-karya ilmiah yang abadi sampai hari ini. Dahulu kuttab disebutkan dengan detail di tanah Haramain (Mekkah dan Madinah). Dahulu kuttab melahirkan ulama-ulama yang menjadi rujukan lembaga-lembaga Islam zaman ini,” kata Ima.

Dalam sejarah, lanjutnya, catatan tentang kuttab masih tersimpan dengan rapi, rujukan dan aplikasi lapangan tersusun dengan sempurna. Kriteria Pengelola dan Pengembangan lembaga terkonsep dengan baik. Bahkan kurikulumnya pun disebutkan tanpa ada yang tertutupi. Sebab itu, Ima yakin, jika konsep ini kembali diterapkan, kejayaan Islam adalah keniscayaan.

Kegiatan digelar di Kawasan Wakaf Pendidikan Sinergi Foundation, Masjid Ansharullah, Jl. Cibiru Beet, Rt 003 Rw 015, Desa Cileunyi Wetan Kec Cileunyi, Bandung 40622. Acara ini sekaligus pula menghadirkan pakar sejarah Islam sekaligus inisiator Kuttab Al Fatih di Indonesia, Ustadz Budi Ashari, Lc. dan ketua dewan pembina Sinergi Foundation dan Ketua MUI Bandung, Prof. Dr. KH Miftah Faridl. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.