jantung, penyakit jantung, puasa, ramadhan, shaum, rasulullah

Panduan Shaum Bagi Penderita Sakit Jantung

Sahabat, muslim yang tengah menjalani treatment penyakit jantung, ternyata tetap bisa menunaikan shaum lho di bulan Ramadhan. Kendati demikian, ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Untuk itu, berpuasa ala Rasulullah dinilai paling tepat dalam mencegah peningkatan risiko yang bisa membahayakan penyakit.

Dilansir dari Republika, menurut Konsultan Elektrifisiologi Semarang Cardiac Center RSI Sultan Agung Semarang, dr Pipin Ardhianto SpJP (K) FIHA, hal yang tidak kalah penting dan benar- benar harus dihindari oleh pasien penyakit jantung pada saat berpuasa adalah jangan ‘balas dendam’.

Artinya, meskipun sudah seharian penuh menahan lapar dan haus, pada saat tiba waktunya berbuka puasa tetap bisa mengendalikan diri. Jangan memaksakan semua makanan yang ada harus disantap.

Kalori dan asupan tetap harus diperhatikan dan dijaga. Ini pula yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sang Nabi mencontohkan bahwa berbuka puasa harus bisa mengendalikan diri dan tetap mengendalikan pola makan serta tidak makan yang berlebihan.

Bahkan, lanjut Pipin, dalam hal kecepatan masuknya makanan pun juga harus tetap dijaga. Terkadang pasien penyakit jantung kalau terlalu banyak dan terlalu cepat memasukkan makanan justru seperti orang olahraga. Akibatnya justru memicu kembali gejala- gejala sesak napas, nyeri dada atau bahkan bisa mengalami serangan jantung lagi.

Pada saat memasukkan makanan, lanjutnya, pasien penyakit jantung sangat disarankan melakukan secara bertahap. Misalnya seperti membatalkan puasa dengan minum air putih terlebih dahulu, setelah itu baru melaksanakan shalat maghrib. Lalu makan kurma dulu ambil jeda sebelum makan yang tidak berlebihan.

“Pada prinsipnya bagi penderita penyakit jantung masih bisa melaksanakan puasa, sepanjang berpuasa seperti halnya yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, agar tetap aman bagi kesehatan jantungnya,” tandas Pipin.

Dikutip dari www.republika.co.id

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by