gempa bumi, lombok, save lombok, let's help lomb

Mereka yang Trauma dengan Hari Minggu…

Sewaktu seorang relawan SF bertanya pada warga, apakah di hari minggu nanti bisa diadakan Trauma Healing, para pemuda Sembalun Lombok Timur itu bertukar pandang dengan muka takut-takut.

“Kak, kalau boleh, berkegiatan di luarnya jangan hari minggu kak .. Kami semua masih takut. Ibu-ibu dan anak-anak Sembalun juga masih takut keluar hari Minggu..”

Deg. Para relawan kala itu baru menyadari, selama ini gempa besar di Lombok selalu terjadi di hari Minggu. Dan rupanya, ini begitu membekas di hati mereka. Ada perasaan trauma dan khawatir, sehingga mereka memutuskan untuk selalu berdekatan saja dengan keluarga di hari Minggu.

Lain kali ceritanya di minggu lalu. Saat itu, telah beredar hoax yang mengatakan mereka akan kembali diguncang gempa besar pada Minggu, 26 Agustus 2018. Hari dan tanggal tersebut disamakan dengan musibah tsunami yang menimpa Aceh. Tak ayal, warga pun memilih berdiam saja di tenda, sementara yang lainnya memutuskan pindah dari Sembalun.

“Kak, sampai kapan kami di tenda ini ya? Kami bingung.. Takut.. Rumah hancur, kebun hancur, suami tidak bisa bekerja tidak ada modal lagi.. Sementara semua orang di Desa ini juga sedang kesulitan..” Sulastri, seorang warga, terdengar kalut.

Bahkan relawan pun tak tahu kapan para pengungsi ini bisa meninggalkan tenda. Kini pun, sejumput ikhtiar dari para relawan terus dilakukan untuk menghilangkan perasaan trauma mereka. Selain trauma healing dan pemeriksaaan medis rutin, tim Sinergi Foundation mengadakan mini workshop kepada kader-kader posyandu dan para pemuda desa.

“Kami memfasilitasi para kader dari beberapa dusun, untuk menyusun dan mengembangkan pola kegiatan Trauma Healing selama satu minggu ini dan bisa digunakan sampai satu atau dua tahun yang akan datang,” kata Rahma, seorang relawan.

Ia pun menandas, “Kami sangat berharap dan terus mendoakan agar warga Sembalun dan warga Lombok lainnya bisa Allah kuatkan. Karena kami menyaksikan sendiri, mereka orang baik.. Semoga Allah selalu melindungi mereka,” []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by