Menjaga Wudhu Bagi Muslim

Berita

Berwudhu tak hanya dilakukan saat hendak melaksanakan shalat wajib maupun sunnah, namun sebagai muslim kita juga dianjurkan untuk menjaga wudhu.

Untuk muslim yang dapat menjaga wudhu, Allah bahkan memberinya ganjaran yang istimewa. Seperti kisah sahabat Rasulullah ini, Bilal bin Rabah.

Dari Abu Buraidah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam di pagi hari memanggil Bilal lalu berkata, “Wahai Bilal, mengapa engkau mendahuluiku masuk surga? Aku tidaklah masuk surga sama sekali, melainkan aku mendengar suara sandalmu di hadapanku. Aku memasuki surga di malam hari dan aku mendengar suara sandalmu di hadapanku,”

Bilal menjawab, “Wahai Rasulullah, aku biasa tidak meninggalkan shalat dua raka’at sedikit pun. Setiap kali aku berhadats, aku lantas berwudhu dan aku membebani diriku dengan shalat dua raka’at setelah itu.” (HR Tirmidzi)

Setelah berwudhu untuk mengerjakan shalat sunah dua rakaat, Bilal juga selalu menjaga wudhu. Setiap batal, dia akan langsung berwudhu kembali. Kebiasaan inilah yang kemudian mengantarkan Bilal masuk surga.

Selain berpahala, menjaga wudhu juga memiliki banyak hikmah. Diantaranya:

1. Menghapus dosa
“’Maukah kalian aku tunjukkan kepada kalian atas apa yang membuat Allah menghapus kesalahan dan mengangkat derajat?’ Para sahabat menjawab, ‘Tentu, ya Rasul.’ Beliau melanjutkan, ‘Menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin, bersabar menghadapi perkara yang tidak disenangi, memperbanyak langkah ke masjid, dan menanti shalat setelah shalat. Itulah ribath,’” (HR. Muslim)

2. Wajah bercahaya di akhirat
“Sesungguhnya umatku akan datang pada hari kiamat dengan tanda ghurra yang bersinar (di wajahnya) karena atsar (bekas) dari wudhu. Barangsiapa yang mampu untuk memperpanjang ghurra tersebut, maka lakukanlah.” (HR Muslim dari Abu Huraiah)

Demikian keutamaan dan hikmah dalam menjaga wudhu. Semoga Allah memudahkan kita untuk selalu menjaga wudhu dalam keseharian, aamiin.

Source: DBS

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!