Menjaga Niat Berbagi dengan Menyegerakan Sedekah

Berita

Ketika sudah berniat untuk melakukan suatu kebaikan, ternyata dianjurkan untuk diamalkan secepatnya lho, Sahabat.

Dalam atsar Abdullah Ibnu Abbas R.A dikatakan, “Tidak sempurna kebaikan kecuali dengan menyegerakannya karena jika disegerakan, hal itu akan lebih menyenangkan pihak yang berkepentingan.”

Sebab tak jarang, menunda kebaikan yang akan kita lakukan justru akan mengubah niat kita. Yang tadinya karena Allah, malah mengharapkan hal lain.

Pun dengan menunda, akan membuka kesempatan pada hawa nafsu dan syaitan untuk mengganggu serta menggoda kita untuk tidak melakukan kebaikan.

“Dan sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.” (QS Az Zukhruf: 37)

Karena itu, bila kita mempunyai niat untuk melakukan kebaikan hendaknya bersegera melakukannya. Jangan memberi kesempatan pada hawa nafsu dan syaitan untuk mengganggu niat ibadah kita.

Dikisahkan, seorang saleh yang sedang berada di kamar mandi, pernah memanggil budaknya dan menyuruhnya untuk memberikan sedekah kepada seseorang.

Maka, budak itu berkata kepadanya, “Mengapa tuan tidak bersabar dulu, hingga tuan keluar dari kamar mandi?”

Dia menjawab, “Saya mempunyai niat untuk berbuat baik dan saya takut niat itu berubah. Oleh karena itu, begitu mempunyai niat, saya segera mengikutinya dan melaksanakannya.”

Sahabat, siap segerakan kebaikan? yuk salurkan ke dailysedekah.id untuk berbagi kebaikan

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!