Menjadi Istri Idaman Seperti Siti Khadijah

Berita

Bunda Siti Khadijah merupakan wanita yang istimewa dan mulia. Beliau bahkan menerima salam khusus dari Allah Ta’ala karena ketulusannya untuk taat kepada Allah.

Pun dari kisah hidupnya, kita dapat melihat perjuangan luar biasa dalam mendampingi Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Rela mengorbankan harta dan tenaga untuk mendukung syiar dakwah Islam.

Sosoknya begitu diidamkan banyak muslimah agar dapat menjadi istri yang cerdas, terhormat, berbakti, berbudi luhur, dan murah hati.

Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk meneladani sosok Bunda Siti Khadijah? Berikut diantaranya;

1. Memiliki akhlak yang mulia
Siti Khadijah tidak memiliki sifat tercela. Dalam kesehariannya, Bunda Khadijah tak pernah menyakiti orang lain. Begitu mulianya sifat beliau hingga mendapat gelar Sayyidah Nisa’ Quraisy (pemuka perempuan Quraisy).

2. Selektif memilih pasangan
Dalam memilih pasangan, Siti Khadijah tak hanya menilai dari fisik, besarnya aset, atau kedudukan dalam kafilah, melainkan keutamaan dan nilai-nilai luhur. Karena itu, beliau melamar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam, karena kagum dengan adab dan akhlak beliau.

3. Istri yang penuh kasih
Dengan kelembutan hatinya, Siti Khadijah tak hanya menjadi sosok istri yang menenangkan sang suami atas tekanan dan masalah yang datang, tapi juga sosok yang memberi ketenangan.

Seperti saat Rasulullah pertama kali bertemu dengan Malaikat Jibril, beliau begitu ketakutan hingga seluruh tubuhnya gemetar. Saat itu, dengan lembut Khadijah memeluk Rasulullah dan menenangkannya.

4. Bijaksana dalam memutuskan perkara
Tak hanya menjadi pendamping yang menenangkan, Siti Khadijah juga menjelma menjadi penasihat yang bijaksana dalam melihat suatu perkara yang dihadapi Rasulullah.

5. Siap berkorban
Siti Khadijah tak pernah ragu mengorbankan harta, tenaga, dan pikirannya untuk mendukung syiar dakwah Islam yang dilakukan oleh Rasulullah.

Rasulullah berkata, “Dia (Khadijah) percaya pada saya ketika orang-orang lainnya tidak percaya. Dia memberi saya bagian dari kekayaannya ketika orang lain menolak saya (milik mereka). Allah memberi saya anak darinya, sementara Dia (Allah) menyangkal saya oleh selain dia (Khadijah).” (HR Ahmad)

6. Berhati lembut dan peduli sesama
Sosok Siti Khadijah juga dikenal mudah membagikan hartanya untuk orang yang membutuhkan.

Demikian beberapa sifat yang bisa kita teladani dari sosok Bunda Siti Khadijah. Semoga kita dimampukan untuk menjadi istri yang luar biasa seperti beliau.

Source: DBS

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!