Mendidik Adab pada Anak Sejak Dini

Berita

Adab adalah langkah pertama seorang muslim untuk menjadi hamba Allah yang beriman dan bertakwa.

Begitu pentingnya pendidikan adab pada anak bahkan digambarkan secara jelas dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Imam Abu Daud,

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda bahwa orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bahkan tidaklah diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlak manusia dan menjadi uswatun hasanah (teladan yang baik). Karena itu, hal yang terlebih dahulu beliau sampaikan kepada para sahabatnya adalah adab.

Ibnul Mubarok berkata, “Kami mempelajari masalah adab itu selama 30 tahun sedangkan kami mempelajari ilmu selama 20 tahun.”

Setelahnya, barulah ajarkan Al Quran disertai ilmu pengetahuan.

“Dari Jundub bin ‘Abdillah, ia berkata, kami dahulu bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, kami masih anak-anak yang mendekati baligh. Kami mempelajari iman sebelum mempelajari Al Qur’an. Lalu setelah itu kami mempelajari Al Qur’an hingga bertambahlah iman kami pada Al Qur’an.” (HR Ibnu Majah)

Lalu apa saja yang bisa dilakukan orangtua dalam mengenalkan adab pada anak? Berikut hal yang bisa Sahabat lakukan untuk menanamkan adab sejak dini:

1. Jadilah orangtua yang menjadi teladan bagi anak

2. Ajak anak dalam aktivitas orangtua sesuai gendernya

3. Sertakan selalu Allah dalam setiap kegiatan. Baik itu berdoa atau dalam melihat berbagai fenomena

4. Tanamkan nilai akhlakul karimah dalam diri anak. Misalnya memberikan pemahaman kepada sang anak untuk berlaku jujur, amanat, menepati janji, lemah lembut, dan santun sesuai syariat.

Source: DBS

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!