Kunci Keberkahan Hidup Ada Enam, Apa Saja?

Artikel Zakat

Kunci Keberkahan Hidup Ada Enam, Apa Saja? – Sahabat, berlimpah harta ternyata bukan ukuran kehidupan seseorang memperoleh keberkahan dari Allah. Keberkahan justru datang dari setiap kebaikan yang didasari iman dan takwa.

Lalu apa kuncinya untuk mendapatkan berkah yang melimpah dari-Nya? Simak jawabannya di sini!

Kunci Keberkahan Hidup

Menurut Iman Maghazi Al Syarqawi, kunci keberkahan dapat diaktualisasikan dengan meneladankan enam sikap dan sifat terpuji, yakni:

1. Menanamkan sifat malu

Rasul SAW bersabda, “…Orang yang betul-betul merasa malu di hadapan Allah hendaklah menjaga kepala berikut isinya, menjaga perut berikut isinya, dan mengingat mati serta musibah. Siapa yang menginginkan kebahagiaan akhirat, hendaklah meninggalkan perhiasan dunia. Siapa yang sudah melakukan itu semua, berarti telah betul-betul memiliki rasa malu.” (HR Tirmidzi)

2. Senantiasa bersyukur

Menurut Ibn Qayyim Al Jauziyah, syukur merupakan pujian dan pengakuan hamba terhadap nikmat Allah yang disertai rasa cinta dan ketaatan kepadaNya. (QS Ibrahim: 7)

3. Menjaga tutur kata yang baik

Tidak pantas berbicara kecuali berbicara yang baik dan jelas-jelas mengandung maslahat sehingga mengundang berkah dan keridhaan Allah SWT. Bila diragukan kemaslahatannya, maka diam adalah langkah yang utama untuk dilakukan.

4. Berbakti kepada orangtua

Keridhaan dan doa orang tua merupakan pintu masuk segala kebaikan dan keberkahan hidup. Sebab, keridhaan Allah bergantung kepada ridha orangtua.

5. Menanamkan rasa cukup dalam hati (qanaah)

Ketika seseorang memiliki sifat qana’ah, ia akan menjadikan kebutuhan hidupnya sesuai standar kemampuan, sehingga tidak akan serakah dan egois. Serta tak tergoda untuk mengikuti gaya hidup berlebihan.

6. Memanjaatkan doa kepada Allah

Doa adalah kunci ketenteraman jiwa. Dengan berdoa, seorang muslim memohon kebaikan dan meminta pertolongan kepada Allah ketika dihadapkan pada kesulitan di luar kemampuannya.

Meraih keberkahan dalam hidup tak cukup dengan memperbaiki hubungan kita dengan Allah semata, tetapi juga memperhatikan aspek hubungan sosial di antara manusia. Terutama kepada orangtua.

Raih keberkahan hidup dengan bersedekah dan berbagi dengan sesama yuk! Karena dari sedekah, kebaikan untuk kita, dan kebaikan pula untuk yang menerimanya. KLIK DI SINI untuk menunaikan sedekah

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!