Kisah Pak Tariq, Salah Satu Penyelam Binaan di Banyuwangi

Berita

Beliau adalah Pak Tariq, salah satu nelayan penyelam binaan di Pantai Bomo, Banyuwangi. Tahukah sahabat, beliau ini sudah menjadi nelayan sejak SD. Berawal dari hanya ikut-ikut orangtua melaut, lalu setelah lulus SD, Pak Tariq tidak melanjutkan pendidikan. Ia akhirnya menjadi nelayan sungguhan.

Ada banyak pengalaman yang beliau dapat selama jadi nelayan, salah satunya menambah skill menyelam. Pak Tariq juga sudah punya sertifikat menyelam lho, karena tidak sembarang orang bisa melakukan aktivitas ini. Apalagi di Pantai Bomo, arus dan tekanan airnya sangat kencang, hanya yang expert saja yang bisa melakukannya.

Karena skill inilah Pak Tariq diamanahi menjadi tim monitoring Fish Bank. Sebagai info nih sahabat, Fish Bank merupakan rumah ikan yang dirancang dari pelepah kelapa dan bambu yang membentuk sekat seperti apartemen. Fish Bank ini ditanam di dalam laut.

Pak Tariq yang kemudian memantau perkembangan fish bank. Dari yang tadinya tak ada apapun di dalamnya, lalu tumbuh terumbu karang, lalu kini ikan berdatangan bergerombol. Dari ikan petek, hingga kerapu, cumi, dan kakap. Ia memantaunya seperti anak sendiri.

Alhamdulillah, melalui pekerjaan ini, Pak Tariq semakin menyadari betapa berpengaruhnya pertumbuhan fish bank ini untuk kesejahteraan dirinya dan nelayan lain. Dengan semakin banyak ikan, penghasilan mereka meningkat.

Sahabat, program fish bank ini adalah kolaborasi YBM PLN & Sinergi Foundation. Semoga seterusnya program fish bank ini bisa bermanfaat yaa bagi mereka.

Klik zakat di sini

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!