Keutamaan Ibadah Kurban pada Idul Adha

Berita

Sahabat Sinergi, Kurban telah dimulai ribuan tahun sejak masa Nabi Ibrahim. Dan hingga kini, umat Islam masih melangsungkan ibadah mulia ini. Lalu, tahukah mengapa umat disunnahkan untuk berkurban?

Pertama, kurban sarana mendekatkan diri pada Allah. Sebagaimana shalat, kurban menjadi media taqwa seorang hamba. Sebagaimana QS Al Maidah : 27, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertakwa.”

Kedua, sebagai saksi amal shaleh di hadapan Allah. Ibadah qurban mendapatkan ganjaran yang berlipat dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits disebutkan, “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Ketiga, berdimensi sosial ekonomi. Selain menjadi momen mendekatkan diri pada-Nya, kurban juga memupuk rasa empati pada sesama, solidaritas, kedermawanan, dan melatih diri menjadi pribadi peduli.

Keempat, sebagai syiar Allah dan syiar agama Islam. Sebagaimana firman Allah, “Dan unta-unta itu Kami jadikan untuk-mu bagian dari syiar agama Allah, kamu banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Allah (ketika kamu akan menyembelihnya) dalam keadaan berdiri (dan kaki-kaki telah terikat). … Demikianlah Kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu, agar kamu bersyukur.” (QS Al Hajj: 36)

Kelima, kurban adalah sunnah Rasulullah. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkurban dengan dua ekor kambing gemuk lagi bertanduk beliau menyembelih keduanya dengan tangannya sendiri. Beliau menyebut nama Allah, bertakbir serta meletakkan kakinya di atas lambungnya.” (HR Tirmidzi)

Begitu banyak keutamaan di dalam ibadah kurban mulia. Tunggu apa lagi, yuk tunaikan ibadah kurban!

Cek infonya di sini

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!