Hikmah Sedekah Secuil Kain dan Sepotong Lemak

Berita

Islam sebagai ajaran, mengingatkan manusia bahwa dunia bukanlah tujuan akhir dari kehidupan. Kelak manusia akan dihidupkan kembali setelah kematiannya untuk mempertanggung jawabkan segala aktivitas yang dilakukannya ketika di dunia.

Karena itu, dunia bukanlah tempat untuk beristirahat. Melainkan tempat untuk berlelah-lelah sambil mengumpulkan bekal terbaik untuk kehidupan kekal nanti. Di antara bekal yang dipersiapkan, salah satunya adalah sedekah.

Harta atau benda yang disedekahkan tidak akan hilang, karena malaikat telah mencatatkan pahala kebaikan atas keikhlasan kita untuk berbagi dengan sesama. Dan tak hanya itu kebaikan yang akan kita terima, Allah juga akan memelihara sedekah tersebut hingga berkembang begitu besar di sisiNya.

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa bersedekah satu biji kurma dengan syarat dari harta yang halal bukan dari harta yang haram karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka Allah akan memelihara sedekah itu sebagaimana kalian melihat anak kuda kalian sehingga sedekah itu akan menjadi besar seperti gunung.”

Pun sedekah pula yang akan menjadi pelindung dari panasnya Padang Mahsyar dan penolong dari siksaan neraka, seperti kisah berikut,

Diriwatkan dari Siti Aisyah ra menuturkan, suatu hari datang seorang wanita muda ke hadapan Rasulullah, mengeluhkan keadaan tangannya yang melepuh dan tak bisa digerakkan. Wanita itu kemudian minta didoakan agar tangannya kembali sembuh seperti sedia kala.

Rasulullah kemudian bertanya penyebab yang menjadikan tangan si wanita kondisinya seperti itu.

Si wanita pun menceritakan mimpi yang dialaminya beberapa malam lalu. Dalam mimpinya, wanita itu melihat hari Kiamat telah datang, surga sudah dihias, dan neraka Jahannam dinyalakan.

Namun betapa terkejutnya si wanita. Ia mendapati ibunya berada dalam neraka Jahannam dalam keadaan tangannya yang satu memegang sepotong lemak dan yang satu memegang secuil kain yang keduanya digunakan sebagai tameng panasnya api neraka.

Wanita itu tahu, ibunya adalah seorang yang taat pada agama dan patuh pada suami. Lantas apa yang menyebabkan ibunya masuk ke dalam neraka? Rupanya, sang ibu adalah orang yang bakhil. Selama hidupnya, ia hanya menyedekahkan secuil kain dan sepotong lemak.

Bertolak belakang dengan sang ayah yang tinggal di Surga. Karena kedermawanannya, ia bahkan membagikan air minum dari telaga Rasulullah.

Tak tega dengan keadaan ibunya, sang wanita pun mengambil satu gelas air dari telaga tanpa sepengetahuan ayahnya. Lantas, si wanita mendengar suara berkata: “Semoga Allah membuat tanganmu ngilu karena telah berani memberi minum pada perempuan bakhil dan maksiat.”

Sahabat, tentu kita dapat memetik banyak pelajaran dari kisah tersebut. Ingatlah, bahwa di dalam harta yang kita miliki, terdapat hak milik kaum papa yang membutuhkan. Terlebih, Allah menjanjikan rahmat-Nya atas orang yang gemar bersedekah dan memanfaatkan hartanya untuk kebaikan.

Jangan sampai, kehidupan di dunia menjadi sia-sia tanpa mengumpulkan bekal untuk di akhirat kelak.

Sahabat sudah bersedekah hari ini? Jika belum, Sahabat dapat mengKLIK LINK http://bit.ly/infaksinergi untuk menyalurkan donasi sedekah Sahabat 🙂

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!