Donasi Wakaf untuk Pendidikan Santri Gratis

Artikel Wakaf

Donasi wakaf, suatu amalan di mana kita menahan pokok benda dan mengalirkan manfaat bendanya. Amal sholeh ini diganjar pahala jariyah karena bisa mengalirkan pahala meski orang yang berwakaf meninggal.

Selain diganjar pahala jariyah, donasi wakaf adalah ibadah yang menyempurnakan kebaikan. Ini tercantum dalam salah satu firman Allah SWT, yang semakin menguatkan keutamaan wakaf.

Berikut dalil donasi wakaf: “Kami sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai, dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS Ali Imran: 92)

Donasi Wakaf untuk Pendidikan

Wakaf memiliki peran yang sangat banyak untuk kemaslahatan umat Islam. Salah satunya untuk menyediakan pendidikan berkualitas. Ini dicontohkan juga di masa-masa kejayaan Islam.

Salah satu yang tersohor adalah wakaf pendidikan dari Fathimah binti Muhammad al Fihri di Maroko pada tahun 266 H. Ia mendirikan universitas bernama Universitas Al-Qarawiyyin.

Ini adalah universitas tertua, yang menjadi kiblat pendidikan modern. Entah dalam membuat kurikulum, sistem pengajaran, bahkan simbol akademik seperti toga wisuda yang berbentuk ka’bah.

Operasional universitas ini berasal dari hasil wakaf produktif. Tepatnya wakaf produktif lahan perkebunan dan pertokoan, yang keuntungannya dipakai untuk mengembangkan pendidikan di Al-Qarawiyyin.

Lalu di masa Shalahudin Al Ayyubi, wakaf untuk pendidikan juga terasa manfaatnya. Ia mewakafkan sekolah di Al Quds – Yerussalem, yang mengajarkan ilmu-ilmu syariah, bahasa, dan sejarah.

Wakaf untuk Pendidikan Gratis Zaman Sekarang

Tak hanya di masa kejayaan Islam, di masa sekarang, kita pun bisa menengok manfaat dari donasi wakaf untuk pendidikan. Seperti yang dilakukan oleh Sinergi Foundation melalui program Kuttab Al Fatih Cileunyi.

Kuttab Al Fatih Cileunyi adalah institusi pendidikan gratis berbasis wakaf. Di sekolah ini, mereka yang masuk tak perlu mengeluarkan biaya karena full didanai oleh dana umat.

Kuttab Al Fatih Cileunyi berupaya membina santri dengan iman dan Al Quran. Tujuannya agar terlahir generasi-generasi Qurani yang sholeh dan sholehah yang bisa mengabdi untuk umat dan lingkungan sekitarnya.

Dalam kegiatannya, sekolah ini mengajak para santrinya untuk menjadi hafidz Al Quran. Biasanya ada gelaran Tasmi Quran, di mana para santri menyetorkan hafalan secara terbuka di hadapan guru dan orangtua.

Selain itu, tak hanya anak-anak yang belajar. Orangtua pun diajak terlibat dalam pendidikan anak-anaknya, dengan mengadakan kajian rutin orangtua terkait pendidikan di zaman Nabi.

Kuttab Al Fatih Cileunyi didanai dari infak dan hasil wakaf produktif yang dikelola oleh Sinergi Foundation. Misalnya: RM Ampera Pasteur, Cuanki & Batagor Serayu, Kafe Kampus Opieun, hingga bisnis properti syariah.

Anda ingin berkontribusi untuk pendidikan gratis para santri di Kuttab Al Fatih – Cileunyi? Yuk tunaikan wakafnya di link ini >>> KLIK DI SINI <<<

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!