Di Balik Musibah, Selalu Ada Hikmah yang Bisa Kita Petik

Berita

Jelang akhir tahun, kita justru mendengar kabar duka dari Garut dan Lumajang, yakni terjadinya banjir bandang dan erupsi Gunung Semeru.

Musibah ini tentu terasa begitu berat. Sebab tak hanya menyebabkan kerugian material, pada musibah erupsi Gunung Semeru kita bahkan mendengar gugurnya 22 jiwa dalam bencana tersebut (data BNPB 6/12/21).

Meski begitu, dibalik musibah tetaplah ada hikmah yang bisa kita petik sebagai muslim. Diantara hikmah yang dapat kita petik adalah

1. Ujian Keimanan
Baik bencana, musibah, hingga hal-hal yang membahagiakan semuanya adalah ujian Allah untuk meningkatkan kualitas kita. Karena itu bersabarlah dalam menghadapi ujian meskipun terasa begitu berat dan sesak.

“Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, ‘Inna lillahi wainna ilaihi raji’un.’ Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS Al Baqarah: 155-157)

2. Muhasabah Diri
Datangnya musibah dan bencana tak lain adalah teguran dari Allah. Alangkah baiknya pada momen tersebut juga dimanfaatkan untuk membenahi diri.

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS Ar rum: 41)

3. Mengeratkan Ukhuwah
Dengan saling membantu sesama saudara yang kesulitan, insya Allah, menjadi sarana dalam mengeratkan ukhuwah Islamiyah. Terlebih dengan meringankan kesulitan orang lain, Allah juga akan meringankan kesulitan kita.

“Barangsiapa meringankan dari seorang mukmin salah satu kesusahan hidupnya di dunia, niscaya Allah akan meringankan salah satu kesusahan hidupnya pada hari kiamat…” (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)

Meski ujian terasa amat berat seolah tak ada jalan keluar, namun jangan berputus asa. Karena setelah kesulitan sesungguhnya ada hal indah yang Allah persiapkan untuk kita.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Al Insyirah: 5-6)

———————–

Bagi Sahabat yang siap membantu para korban terdampak di Garut maupun di Lumajang dapat menyalurkan donasi terbaiknya melalui bit.ly/sinergitanggapbencana

Semoga dapat meringankan kesulitan saudara-saudara kita

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!