Wakaf Sumur

Home » Campaign » Wakaf Sumur
wakaf sumur sinergi foundation, kuttab al fatih, ayo sinergi

Padahal, air memegang peranan penting dalam kehidupan. Karena itu, ketiadaan air menjadi bencana bagi keberlangsungan seluruh makhluk hidup. Para santri Kuttab Al Fatih pun, sedikitnya terhambat dalam menempuh pendidikannya. Sulit bersuci, mengantri, dan wudhu pun dengan air seadanya.

Begitu pun dengan masyarakat sekitar Kuttab Al Fatih yang juga terkena imbas kekeringan, tak bisa mencuci, mandi, bahkan untuk air minum.

Karenanya, sumur menjadi satu-satunya sumber air bersih bagi para santri dan warga di wilayah tersebut.

Wakaf Sumur merupakan wakaf yang dikelola dalam bentuk penyediaan Sumur beserta kelengkapannya hingga dapat mengalirkan air yang layak dikonsumsi dan dimanfaatkan. Insya Allah, #SinergiWakaf kita menunjang para santri ini meraih pendidikan Al Quran terbaik dan menjadi para hafidz gemilang.

Tahukah Sahabat, menurut laporan dari PBB untuk Hak Asasi Manusia, lebih dari 96% air di pesisir di gaza yang menjadi sumber air utama sudah tercemari.

Beberapa alasan diantaranya adalah, ekstraksi yang berlebihan karena populasi Gaza yang sangat padat, air terkontaminasi oleh limbah dan air laut, blokade Israel selama 12 tahun lamanya, dan perang asimetris yang telah membuat infrastruktur Gaza lumpuh parah dan terus-menerus kekurangan listrik.

Sinergi Foundation berkolaborasi bersama organisasi asal Palestina, Gazze Destek, akan berikhtiar keras membangun Sumur Wakaf untuk warga di Jalur Gaza demi memberikan akses air yang layak bagi 2 juta penduduk di wilayah ini.

Insya Allah, penggalian sumur akan dimulai di bulan Maret ini dan sudah bisa tersedia di bulan Ramadhan nanti untuk warga palestina.

Kekeringan pun pernah terjadi di Kota Madinah pada masa Rasulullah. Ketika itu, Madinah tengah mengalami paceklik hingga kesulitan air bersih.

Guna memenuhi keperluan air sehari-hari, kaum muslimin dan penduduk Madinah terpaksa mengantri dan membeli air di sumur Raumah, satu-satunya sumber air tersisa yang dimiliki seorang Yahudi.

Prihatin atas kondisi umatnya, Rasulullah kemudian bersabda, “Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala,” (HR Muslim)

Menjawab sabda sang Rasul, Utsman bergegas menemui sang pemilik sumur. Meski awalnya sang pemilik menolak untuk menjual sumurnya, namun akhirnya sumur Raumah dilepas dengan lapang ke tangan Utsman. Beliau pun mewakafkan sumur tersebut untuk kemaslahatan umat.

Sahabat, kita juga bisa mengikuti jejak mulia Sahabat Utsman bin Affan melaui #SinergiWakaf untuk menyediakan sumur di Kuttab Al Fatih. Selain itu, Sinergi Foundation juga berikhtiar membangun sumur wakaf di beberapa lokasi lain seperti di Pemakaman Firdaus Memorial Park yang berlokasi di Cikalong Wetan, Soreang, Bogor dan Ramadhan 1441 H di Gaza Palestina. Ayo Sinergi bangun wakaf sumur untuk kemaslahatan ummat!

Sumur Wakaf untuk Kuttab Masih Terus Berproses

Sejak proses pengeboran awal di Akhir September lalu, kini sumur bor yang dibangun untuk santri Kuttab Al-Fatih sudah membuahkan progress.

Meski proses awal pengeboran agak lama karena mesin yang digunakan kurang cukup memadai, tapi Alhamdulillah sekarang mesin yang dipakai sudah diganti, sehingga proses pengeborannya bisa berlangsung lebih cepat, yaitu sekitar 2-3 meter per harinya.

Saat ini kedalaman sumur sudah mencapai 60 m dari total target 120 meter. Insya Allah, estimasi pengeborannya akan selesai di bulan depan.

Sumur bor ini rencananya akan dibuat dengan menggunakan panel solar cell. Namun dana yang dibutuhkan masih belum cukup untuk mengcover semua prosesnya sampai selesai.

Sahabat Sinergi yang berkenan, bisa lho turut berdonasi demi terbangunnya sumur wakaf untuk para santri penghafal qur’an di Kuttab Al-Fatih Sinergi Foundation.

 

×