Sedekah Green Kurban

Green Kurban adalah inovasi program berkurban plus penghijauan. Dimana dari satu hewan kurban turut ditanam satu pohon. Selain itu, untuk memaksimalkan ikhtiar menjaga lingkungan, dalam pendistribusian daging kurban ke penerima manfaat pun meminimalisir penggunaan plastik dan menggunakan besek bambu, ranting, daun kelapa, dsb. Penyaluran hewan Green Kurban juga merangkul masyarakat dhuafa di daerah pelosok.

Tidak semua orang bisa mengecap nikmatnya daging meskipun di Hari Raya Kurban. Ada wilayah-wilayah tertentu yang tidak tersentuh dengan euforia kurban lho, Sahabat. Ini saatnya kita berbagi dengan masyarakat dhuafa di wilayah pelosok, rawan miskin, rawan akidah dan jarang menikmati daging kurban.

Mengapa harus Green Kurban?
1. Menghijaukan Bumi
Melalui Green Kurban, kita berikhtiar manambah nilai ibadah kurban, dengan memelihara bumi. Sebab setiap 1 hewan yang kita kurbankan di Green Kurban, turut ditanam 1 pohon.

 

2. Ramah Lingkungan
Seluruh proses kurban sangat mengutamakan aspek lingkungan, terutama di isu Zero Waste dan isu kurban tanpa plastik. Dari mulai pengadaan hewan, penyembelihan hewan hingga pendistribusian hewan.

3. Memberdayakan Peternak
Bertahun-tahun mengelola kurban, proses penyediaan hewan kurban dilakukan melalui program pemberdayaan peternakan. Salah satunya, melalui Waqf Integrated Farm.

4. Membahagiakan Sesama yang Kekurangan
Green Kurban menebar manfaat untuk ratusan wilayah miskin di penjuru Indonesia. Kategori yang masuk dalam daerah pendistribusian Green Kurban adalah daerah yang rawan miskin, rawan bencana, dan rawan aqidah.

 

5. Sehat & Sesuai Syariat
Pemilihan hewan kurban dilakukan dengan teliti, baik dari segi fisik, usia, dan juga kesehatan hewan kurban. Setiap prosesnya, dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Semua donasi yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk daging kurban dan bibit pohon

“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat.” (HR. Muslim)

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×