kuttab al fatih, beradab sebelum berilmu, al quran, sinergi wakaf, kuttab al fatih, al quran, dialog iman, sinergi wakaf, sinergi foundation

Bersinergi untuk Didik Para Pencinta Al Quran

Dikutip dari Majmu Fatawa Ibnu Taimiyah, Utsman bin Affan pernah mengatakan, “Jika hati kita suci, maka ia tidak akan pernah puas dari kalam Rabb nya.” Sebuah kalimat tersohor, memperlihatkan betapa hakikinya peran Al Quran sebagai pedoman dalam menjalani hidup. Tak heran para sahabat berlomba mempelajarinya.

Allah sendiri berfirman, “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shaad: 29)

Di zaman Rasulullah, para pembaca Al Quran seperti Utsman bin Affan atau Abdullah bin Mas’ud mempelajari kitab suci langsung pada Rasulullah setiap sepuluh ayat. Mereka tidak menambah ayat, hingga benar-benar memahami makna kandungan dan mengamalkannya. Sebab itu, para sahabat butuh beberapa waktu lamanya untuk menghafalkan satu surat.

Terkait ini, Utsman bin Affan pernah mengatakan, “Ada empat hal yang ketika nampak merupakan keutamaan, dan jika tersembunyi menjadi kewajiban. Pertama, berkumpul bersama orang-orang shaleh adalah keutamaan dan mencontoh mereka adalah kewajiban. Kedua, membaca Alquran adalah keutamaan dan mengamalkannya adalah kewajiban.

Ketiga, menziarahi kubur adalah keutamaan dan beramal sebagai persiapan untuk mati adalah kewajiban. Keempat, membesuk orang yang sakit adalah keutamaan dan mengambil wasiat darinya adalah kewajiban.”

Utsman bin Affan adalah satu dari sekian banyak sahabat yang begitu mencintai Al Quran. Ayat-ayatnya meninggalkan kesan yang begitu dalam di hati Utsman, hingga terpraktikkan pada kepribadiannya. Lalu Al Quran menyucikan hati dan jiwanya, serta mempengaruhi ruhnya. Ia manusia mulia lagi istimewa perangainya, yang hidup dengan tujuan yang agung. Jadilah ia salah satu khalifah yang menjadi teladan umat.

Siapa yang tak mau mencetak generasi seperti Utsman bin Affan? Yang mampu segenap hati memberi kontribusi positif dengan mengajarkan nilai-nilai Alquran. Ia pula yang berperan memberi kedamaian bagi umat manusia. Tak sekadar mendekatkan generasi dengan menyediakan kegiatan yang konstruktif, namun lebih kepada keutamaan atas dasar-dasar nilai Al Quran.

Dengan mendidik secara Qurani, maka akan timbul akhlak yang baik terhadap Allah, manusia, dan lingkungan hidup, berbuat baik ke sesama manusia, serta tidak menjadi beban bagi lingkungannya. Generasi yang mencintai Al Quran adalah generasi emas yang rajin beribadah, namun tetap agung membina kemaslahatan umat.

Kita semua sangat ingin melahirkan generasi Qurani ini. Tak saja soal membaca Alquran, namun juga mereka akan didekatkan dengan nilai-nilai Al Quran yang paling dasar, nilai aktualisme, nilai moral kepedulian sosial, dan itulah yang memang diajarkan Al Quran.

Maka melalui program Kuttab Al Fatih dan Pesantren Al Quran, Sinergi Foundation berikhtiar untuk membina generasi muda menjadi para pecinta Al Quran. Sehingga dari sini, maka lahir pula pemimpin dan ulama unggul yang berkarakter Qurani, siap membela agamanya. Kami mohon doa, agar cita-cita mulia dapat tercapai. Demi peradaban Islam lebih baik. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by