Berkurban dengan Hewan Terbaik

Berita

Ibadah kurban ternyata bukan sekadar ritual memotong hewan di waktu Idul Adha saja. Melainkan juga taqarrub kepada Allah dengan mempersembahkan amal terbaik melalui hewan kurban terbaik yang bisa kita usahakan.

Karena itu hendaknya hewan yang dikurbankan adalah hewan yang gemuk dan sempurna.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “…barangsiapa yang mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah maka sesungguhnya itu adalah berasal dari ketakwaan hati.” (QS Al Hajj: 32)

Berdasarkan ayat ini Imam Syafi’i menyatakan bahwa orang yang berkurban disunnahkan untuk memilih hewan kurban yang besar dan gemuk.

Abu Umamah bin Sahl mengatakan, “Dahulu kami di Madinah biasa memilih hewan yang gemuk dalam berkurban. Dan memang kebiasaan kaum muslimin ketika itu adalah berkurban dengan hewan yang gemuk-gemuk.” (HR Bukhari)

Pentingnya berkurban dengan hewan terbaik bahkan dapat kita lihat dari kisah Habil dan Qabil saat bersaing untuk menikahi Iqlima.

Untuk menengahi persaingan tersebut, Allah memerintahkan Nabi Adam AS untuk menguji kedua anaknya itu dalam memberikan persembahan terbaik dari hasil usaha mereka kepada Allah.

Qabil mempersembahkan hasil ladangnya yang buruk dan tak layak, sedangkan Habil justru memberikan kambing gibas yang paling besar, gemuk, terbagus, berwarna putih bersih, dan paling disenanginya untuk dikurbankan kepada Allah.

Pun Habil memasrahkan kurbannya dalam keadaan ikhlas dan bertaqarrub. Walhasil, kurban dari Habil lah yang Allah terima, dibandingkan Qabil.

Sahabat, dari kisah tersebut kita dapat memetik pembelajaran yang istimewa terkait ibadah kurban dari sosok Habil. Meskipun belum turun perintah berkurban dengan hewan terbaik, namun secara naluriah keimanan, Habil mencarikan kambing terbagus yang bisa didapatnya untuk beribadah kepada Allah.

Masya Allah, semoga di momen Raya Adha nanti, kita pun dimampukan untuk berkurban dengan hewan terbaik yang bisa kita usahakan ya, Sahabat. Aamiin ya Rabbal’alamin..

Siap berkurban Idul Adha tahun ini? KLIK bit.ly/GreenKurban

Hubungi kami untuk konsultasi kurban:
Whatsapp/SMS 081 321 200 100

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!