Berkasih Sayang dengan Setiap Makhluk

Berita

Home » Berita » Berkasih Sayang dengan Setiap Makhluk

Baru-baru ini warga sosial media dikejutkan dengan perilaku tidak manusiawi pada seekor gajah di kota Kerala, India. Alih-alih memberi makan, warga setempat justru memberikan nanas berisi petasan, yang akhirnya membunuh gajah betina hamil tersebut. Na’udzubillah..

Tak hanya sekali ini saja kita menyaksikan tindak kedzaliman, baik kepada hewan maupun kepada sesama manusia. Padahal perilaku ini sangat buruk dan merugikan. Bahkan, diganjar dosa karena menyakiti ciptaanNya.

Sahabat, Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin amat memperhatikan hubungan manusia dengan segala aspek kehidupan. Tak hanya menjaga hubungan vertikal dengan Allah (hablumminallah), namun juga harus memiliki hati yang berbelas kasih pada setiap makhluk.

Dalam hadis yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari, Kitabul Musaqah, Bab Keutamaan Memberi Minum, dikisahkan seorang lelaki yang mendapat ampunan Allah karena memberi minum seekor anjing. Ia pun mendapatkan surga atas kebaikan hatinya.

Begitu pun saat Rasulullah akan berperang, beliau selalu mengingatkan para sahabat untuk tidak merusak perkebunan atau menebang pohon (HR Ahmad). Hal ini menunjukkan, dalam kondisi perang sekalipun, tetap memperhatikan lingkungan sekitar.

Semoga Allah selalu merahmati kita dengan hati yang lembut, dan menjaga kita dari perbuatan keji dan munkar ya, Sahabat. Aamiin.

“… Dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai terhadap orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS Al Qasas: 77)

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by