Beratnya Memegang Amanah

Sahabat, sungguh berat seorang mukmin yang memegang amanah.

Di dalam hadits, Rasul berkata, bahwa orang yang tidak memikul amanah dengan benar adalah salah satu ciri dari orang munafik.

Bahkan dalam hadits lainnya dikatakan 3 ciri orang munafik: bila dia berbicara, dia berdusta; bila dia berjanji, dia mengingkari janjinya; dan apabila dia diberi amanah, dia mengkhianati amanah itu. Ketiga sifat ini sangat mungkin sekali dimiliki seseorang.

Setiap amanah ini pasti akan dituntut Allah SWT. Maka lebih baik kita mengatakan ‘tidak’ daripada kita mengambil amanah itu padahal kita tidak akan mampu memikulnya.

Jadi, jangan pernah kita memikul sebuah amanah kalau memang kita tidak akan mampu memikulnya. Maka serahkan amanah itu kepada orang yang bisa dianggap lebih mampu dari kita. Mudah-mudahan kita tidak tergolong orang-orang yang berkhianat.

Beratnya memikul amanah ini karena nantinya akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT. Karena tanggung jawab yang berat adalah kepada Allah. Kepada sesama manusia, kita bisa saja berbohong, bahkan dengan hukum pun bisa menghindar. Tapi tidak mungkin kepada Allah.

Sahabat, semua yang ada dalam diri kita adalah amanah, karenanya harus membawa diri kita ke jalan yang Allah ridhai. Jika dianugerahi keluarga, maka laksanakan kewajiban sebaik mungkin. Jika diamanahi anak, maka didik menjadi anak yang shaleh. Jika diberi jabatan, pikull jabatan itu dengan benar.

Mudah-mudahan kita termasuk yang pandai memikul amanah. Wallahu a’lam bish shawwab.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by