Amalan yang Mengundang Banyak Pahala di Bulan Safar

Berita

Alhamdulillah, per tanggal 09/09/2021 (Kamis), umat Islam telah memasuki bulan Safar. Dengan demikian, sejak Rabu (08/09/2021) petang, bulan Muharram telah berakhir dan berganti Safar.

Pada bulan kedua di kalender hijriah ini umat Islam dianjurkan untuk berdoa dan melakukan amal kebaikan yang lebih baik daripada bulan sebelumnya. Jadi, meski bulan Muharram telah berlalu, bukan berarti semangat beribadah kita makin kendor ya, Sahabat. Selalu berbenah untuk menjadi muslim yang lebih baik setiap harinya!

Ali bin Abi Thalib r.a., pernah berkata, “Barangsiapa hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang beruntung. Barangsiapa hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia adalah orang yang merugi. Dan barangsiapa hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang terlaknat.”

Karena itu, pertahankan semangat beribadah kita, bahkan jika bisa, tingkatkan lebih baik lagi di bulan Safar ini. Adapun amalan yang bisa kita panjatkan dalam menyambut bulan Safar ini adalah,

1. Berdzikir
“Barangsiapa di waktu pagi dan sore membaca: subahanallah wa bihamdihi seratus kali maka tidak ada seorang pun yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.” (HR Muslim)

2. Melaksanakan shalat sunnah
“Tidaklah seorang hamba mengerjakan sholat (rawatib) 12 rakaat hanya karena Allah dalam setiap harinya, melainkan Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.” (HR Muslim)

3. Melaksanakan shalat secara berjamaah
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, “Kekasihku Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam telah memberikan pesan kepadaku, lalu beliau bersabda kepadaku, ‘Wahai Abu Hurairah, shalatlah bersama jamaah meskipun dengan duduk, karena sungguh Allah Ta’la akan memberikanmu di setiap shalat jamaah dua puluh lima pahala shalat dengan tanpa berjamaah.’”

4. Tilawah Al Quran
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al Quran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR At Tirmidzi)

5. Berdoa diantara iqamah dan adzan
Salah satu waktu terbaik untuk berdoa adalah di antara iqamah dan adzan. Kita bisa meminta keselamatan dan perlindungan Allah untuk keluarga. Apalagi, memperbanyak doa juga termasuk amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Safar.

6. Bersedekah
Bersedekah tidak hanya bernilai pahala, tapi juga bisa menghapus dosa, penyempurna ikhtiar kesembuhan, menjauhkan diri dari bala bencana, hingga menjadi bekal yang kelak akan menaungi kita di padang Mahsyar.

Jadi, perbanyaklah sedekah selagi ada kesempatan!

“Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membesarkannya sebagaimana ia membesarkan anak kuda atau anak unta betinanya hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Semoga Allah memudahkan ikhtiar kita untuk memperbanyak amalan selama bulan Safar ini, ya Sahabat!

Siap menambah pahala sedekah? KLIK di sini

Source: DBS

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!