Akad Wakaf, Seperti Apa Seharusnya? – Sedekah di dalam Al-Qur’an bisa disebutkan dengan zakat, infaq, atau wakaf. Ketiganya memiliki perbedaan dari segi peruntukkannya. Namun yang bisa membedakan ibadah tersebut salah satunya adalah akad antara si pemberi sedekah dan pihak penerima (pengelola lembaga zakat).

Sebuah ibadah wakaf memiliki rukun yang menjadi kerangka dasar agar hukumnya menjadi sah dan diterima Allah SWT. Rukun pertama wakaf dan disepakati oleh seluruh ulama adalah adanya akad, sighat atau ikrar atas wakaf.

Hal yang Terdapat dalam Akad Wakaf

Biasanya akad wakaf dan sighat itu terdiri dari dua hal, yaitu ijab dan kabul. Ijab adalah pernyataan dari pemilik harta yang menyerahkan harta miliknya sebagai wakaf. Sedangkan kabul adalah ucapan penerima dari pihak yang diserahkan kepadanya harta wakaf.

Ijab bisa dilakukan dengan pernyataan tegas (sharih) dan bisa dengan lafadz yang bersifat tersamar (kinayah), seperti pada kasus talak.

Pernyataan yang tegas (sharih) adalah bila seorang pemilik harta dengan berkata, “Aku wakafkan harta ini”. Sedangkan lafadz yang bersifat tersamar (kinayah) adalah lafadz yang masih bisa ditafsirkan menjadi pemahaman yang berbeda.

(Sumber : Ahmad Sarwat, Lc. MA., dalam buku Fiqih Wakaf)

Yuk Tunaikan Wakaf Anda Bersama Kami!

Tak perlu bingung ingin menunaikan wakaf Anda di mana. Sinergi Foundation, lembaga yang sudah malang melintang dalam dunia wakaf, dapat menjadi pilihan Anda. Lembaga ini telah memiliki izin sebagai LAZ, sehingga terpercaya dalam menyalurkan amanah wakaf.

Saat ini, Sinergi Foundation sedang membuat program wakaf sumber air bagi pelosok Indonesia yang keterbatasan air. Ada berbagai daerah yang telah mendapat manfaatnya, salah satunya Kampung Cirancana Tasikmalaya. Namun tentu masih ada banyak daerah pelosok yang membutuhkan uluran tangan kita.

Tunggu apa lagi, tunaikan ibadah mulia wakaf dan raih semua keutamaannya! Yaitu, pahala terus mengalir meski kita telah meninggal. Ini dapat menjadi investasi akhirat yang sangat menguntungkan untuk tabungan amal. Ingin menunaikan wakaf Anda dengan menyediakan sumber air? KLIK DI SINI

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!