Adakah Pahala jika Harta Wakafnya Rusak?

Berita

Harta/benda wakaf disebut sebagai amal terbaik yang akan dibawa muslim ke akhirat kelak, sebab dapat terus menghasilkan kebaikan. Lantas bagaimana pahala wakaf jika benda/harta wakaf rusak terkena bencana alam?

Menurut pakar sejarah dan peradaban Islam, Ustadz Asep Sobari, Lc., sewaktu diwawancara di kawasan Wakaf Terpadu Lembang menjelaskan, “Wakaf akan terus mengalirkan dan membuahkan pahala tak terhenti selama bisa dimanfaatkan oleh orang-orang di sekitar kita dari generasi ke generasi.”

Berdasarkan kutipan tersebut, maka, jika harta/benda wakaf mengalami kerusakan sehingga tidak lagi dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat, berarti tidak akan mengalirkan pahala. Karena tidak ada kebaikan yang mengalir untuk kemaslahatan.

Meski begitu, wakif (pewakaf) telah mendapatkan pahala wakaf saat aset wakaf tersebut dimanfaatkan masyarakat.

Karena itu, di sinilah pentingnya peran nazhir wakaf untuk merevitaslisasi benda/harta wakaf tersebut sehingga dapat kembali dimanfaatkan dan mengalirkan pahala bagi wakif. Wallahua’lam bishshawwab.

Jika masih bingung terkait tulisan wakaf ini, Sahabat dapat berkonsultasi dengan Sinergi Consultant di 081 321 200 100, insya Allah makin memudahkan Sahabat untuk memahami 🙂

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!