5 Amalan Penggugur Dosa

Berita

Home » Berita » 5 Amalan Penggugur Dosa

Selama menjalani kehidupan tak pernah kita luput dari khilaf dan dosa. Entah itu lisan kita yang buruk, perilaku kita yang kurang baik, hingga sikap kasar yang kita tunjukkan, astaghfirullah..

Tapi jangan cemas, Sahabat. Allah selalu membuka pintu maaf-Nya bagi hamba yang ingin membenahi diri. Berikut amalan-amalan yang bisa kita kerjakan untuk memohon ampunan Allah,

  1. Bertaubat
    Taubat adalah jalan kita dalam memperbaiki diri menjadi lebih baik. Karena itu, setelah bertaubat jagalah diri agar tidak mengulang dosa yang sama.

  2. Perbanyak Istighfar
    Tak ada yang bisa menjamin manusia bersih dari dosa. Karena itu, Allah menganjurkan hamba-Nya untuk senantiasa beristighfar atas segala kesalahan dan dosa yang diperbuat.

  3. Bersabar dalam Menghadapi Musibah dan Ujian
    “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

  4. Perbanyak Amal Baik
    “Bertakwalah kepada Allah di manapun anda berada. Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik.” (HR Ahmad dan Tirmidzi)

  5. Sedekah
    Salah satu keutamaan bersedekah adalah menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Namun selalu sertai dengan taubat atas dosa yang telah dilakukan.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi)

Semoga Allah selalu membimbing kita untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya serta senantiasa membuka pintu maaf-Nya untuk kita semua, aamiin..

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!