rbc, pemberdayaan

Rika, Member RBC yang Berdaya

Rika Ismahani (42) merupakan member Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) di tahun 2017. Kini, setelah menjadi alumni member, ibu dari 4 anak ini disibukkan dengan usaha kue basah, aktif di Go Message, menjadi baby sitter, dan mengikuti berbagai pelatihan tata boga.

Walaupun sejak dulu sudah terampil membuat kue basah di rumah, Rika belum berani memulai usaha. Sebabnya, ia ragu makanan yang dibuatnya layak untuk dijual.

“Saya memang suka masak, bahkan sampai ngumpulin banyak resep dari koran. Tapi ya gitu, waktu itu belum berani dijual. Buat dimakan keluarga aja,” kenang Rika.

Sebelum bergabung menjadi member, diakui Rika, dirinya tidak memiliki kesibukan seperti hari ini. Kebanyakan, waktunya justru dihabiskan dengan menangis dan meratapi hidup. “Waktu itu saya sedang ada masalah pelik dalam keluarga. Sampai saya gak bisa ngapa-ngapain, gak bisa berpikir, ga bisa ngewarung juga. Energi terkuras untuk mikirin masalah itu,” tutur Rika dengan suara bergetar.

Kemudian, pertolongan Allah turun melalui RBC. Kegundahan yang dirasakan selama ini perlahan sirna sejak aktif mengikuti kajian dan kegiatan RBC. Ia pun termotivasi untuk memproduktifkan waktu.

rbc, pemberdayaan

“Ketika RBC mengadakan lomba masak, gak menyangka bisa diputuskan sebagai pemenang. Ternyata, biar rasanya enak, mesti eksperimen resep. Gak bisa pakai takaran yang sama. Biar ilmu makin berkembang, akhirnya saya ikutan pelatihan masak di tempat lain. Dari situ, mulai berani bikin kue basah untuk dititip ke warung.”

Jatuh bangun, Rika berusaha mengembangkan usahanya. Namun kemudian kandas karena keterbatasan modal. “Kalau dititip di warung, gak menentu habisnya. Jadi sekarang, saya bikin kue basah kalau ada pesanan saja,”

Alhamdulillah, dengan bekal ilmu tata boga yang terus bertambah, Rika semakin sering mengikuti lomba kue basah. Ia sungguh bersyukur, bisa bergabung menjadi member RBC. Banyak kebaikan yang datang dalam kehidupannya dan memotivasi dirinya untuk berbuat lebih.

Sahabat, pemberdayaan member RBC ini berasal dari pengoptimalan dana zakat yang Anda donasikan. Kita bisa lho, memberdayakan lebih banyak ibu mustahik melalui #SinergiZakat

Mari #BersinergiZakat bersama kami untuk memberdayakan mustahik agar mereka dapat hidup mandiri di masa depan! []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by