Sahabat, untuk mengundang kemudahan, kelapangan urusan, kasih sayang hingga pertolongan dari Allah ternyata tidak sulit. Kita cukup dengan menolong orang-orang yang kesulitan.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam, bersabda: “Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat.

Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.

Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hambaNya selama hambaNya itu suka menolong saudaranya.” (HR Muslim)

Pun anjuran untuk memudahkan urusan disebutkan dalam hadits lain, “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain;

sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan kegembiraan kepada orang lain atau menghapuskan kesusahan orang lain, atau melunasi hutang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada mereka yang sedang kelaparan.” (HR Thabrani)

Sahabat, hal ini menunjukkan, utamanya memudahkan urusan orang lain selain melaksanakan ibadah kepada Allah.

Karena itu, tak cukup jika kita hanya menunaikan ibadah spiritual saja. Tetapi juga harus diiringi amal kebaikan kepada sesama. Perhatian ini bisa ditunjukkan dengan menyisihkan sebagian rezeki yang telah Allah titipkan.

Dengan bersikap dermawan dan peduli kepada sesama, insya Allah menjadi penghalang hadirnya kesulitan dalam hidup, kesempitan urusan, serta menjauhkan dari musibah yang buruk.

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi)

Sahabat siap berbagi kepada sesama yang membutuhkan? KLIK di sini

Source : DBS

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!