zakat. singapura, model pengelolaan zakat

Model Pengelolaan Zakat di Singapura

Sahabat, setelah Arab Saudi dan Sudan, kali ini kita akan membahas mengenai pengelolaan zakat di negara tetangga, Singapura. Pengelolaan zakat, infak, dan sedekah di Singapura tak satupun dikelola perorangan. Semua dikelola secara korporat.

Selain zakat, dihimpun juga sedekah untuk pendidikan madrasah dan pembangunan masjid. Pembayaran dilakukan melalui transfer bank dan bisa juga lewat 28 masjid di seluruh Singapura. Menurut sumber, total penghimpunan zakat , infak, dan sedekah (zis) di Tahun 2003 berjumlah S$13 juta. Dari jumlah tersebut disalurkan untuk semua mustahik sekitar S$ 12.3 juta. Tahun 2004 meningkat jadi S$ 14.5 juta. Dari laporan Majelis Ulama Islam Singapura (MUIS), hak amil tahun 2004 tercatat S$ 1.5 juta atau Rp. 8,9 M.

Dari awal hingga pengelolaan itu sukses, pemerintah Singapura tak tergoda ikut campur. Banyak pekerjaan yang harus dikerjakan oleh pemerintah daripada ikut-ikutan mengurusi ZIS yang terbukti telah mampu dikelola warganya.

Melihat kondisi seperti ini, terlihat bahwa pemerintah Singapura telah memperlihatkan kualitas dan keprefosionalnya serta tidak menganggap masyarakat sipill sebagai pesaing dalam mengelola ZIS.

Penduduk Muslim di Singapura sangat menginspirasi sekali ya, sahabat. Padahal penduduk muslim disana termasuk minoritas. Total penduduk muslim hanya sekitar 500 ribu jiwa atau sekitar 15% dari total penduduk.

(Source : Jurnal Amiruddin K. UIN Sunan Ampel Surabaya)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.