Menjaga Tubuh agar Tetap Fit Selama Ramadhan

Berita

Bulan Ramadhan tidak hanya bekal ilmu dan iman saja yang dipersiapkan, kesehatan tubuh pun harus diperhatikan.

Berikut yang beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan tubuh agar tetap sehat dan fit saat sedang berpuasa nanti.

1. Atur porsi dan gizi makanan
Ubah pola dan asupan makanan agar tubuh mendapatkan cukup energi guna menunjang beraktivitas. Dengan menerapkan pola baru, tubuh pun tidak akan kaget saat sedang sahur nantinya.

2. Atur jam istirahat
Mengatur jam tidur itu sangat penting. Karena saat memasuki bulan puasa nanti, Sahabat harus bangun lebih pagi untuk sahur. Untuk mengatasi hal ini cobalah tidur lebih awal.

Karena masalah tidur biasanya sering menjadi alasan untuk tidak sahur, dan ujung-ujungnya jadi tidak puasa. Mulai atur pola tidur, agar saat Ramadhan nanti tidak kesulitan untuk bangun labih pagi.

3. Kurangi kafein dan perbanyak minum air putih
Mengkonsumsi kafein dapat membuat tubuh jadi mudah dehidrasi. Dengan mengkonsumsi kafein, dapat membuat kita merasa lebih cepat haus dan lebih sering buang air kecil. Kebiasaan ini akan mengganggu puasamu, jadi sebaiknya mulai kurangi konsumsi kafein ya.

4. Konsulasi ke Dokter
Jika Sahabat memiliki riwayat penyakit tertentu, konsultasikan terlebih dulu ke dokter untuk mendapatkan anjuran. Apalagi jika sahabat memiliki keluhan darah rendah atau asam lambung,, insya Allah, anjuran dokter bisa menunjang saat puasa nanti.

5. Olahraga
Jaga sekali kebugaran tubuh dengan berolahraga. Apalagi di kondisi masih pandemi seperti ini dan kepadatan aktivitas kegiatan memerlukan stamina yang luar biasa. Hasil dari olah tubuh bisa membantu Sahabat tetap bugar meski hadapi segudang kegiatan.

Semoga tipsnya bermanfaat ya!

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!