Masya Allah, Inilah Pahala Bagi Orang yang Sedekah Makanan

Berita

Sedekah makanan tidak hanya bernilai pahala, tapi juga sarat akan nilai sosial. Mulai dari mengeratkan ukhuwah antar sesama saudara muslim, menekan tingkat kriminalitas, hingga menyelamatkan akidah Islam seorang muslim. Karena itu memberi makan juga termasuk salah satu amalan yang dicintai Allah.

Sangat pentingnya amalan sedekah makanan ini, Allah bahkan menyebut orang-orang yang enggan memberi makan kepada sesama saudaranya sebagai pendusta agama.

Allah berfirman, “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim. dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.” (QS Al Ma’un: 1-3)

Karena itu, mengenyangkan orang lain merupakan amal yang sangat dianjurkan Islam. Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tidak (sempurna) iman orang yang kenyang perutnya sedang tetangga sebelahnya kelaparan.” (HR Baihaqi)

Manfaat Sedekah Makanan

Manfaat sedekah makanan tidak hanya dirasakan oleh dhuafa, tapi juga pelaku kebaikan itu sendiri. Diantara kebaikan yang akan diterima oleh orang yang sedekah makanan diantaranya:

1. Menghapus Dosa
Memberi makan orang yang kelaparan termasuk amalan yang dapat menghapus dosa-dosa, mengundang turunnya rahmat, dan menyebabkan diterimanya tobat.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR At Tirmidzi)

2. Mendapat Naungan Allah di Hari Akhir
Dalam satu riwayat, Allah naungi selalu di bawa ArsyNya. “Tiga pekara siapa pun yang ada padanya, kelak akan dinaungi oleh Allah di bawah ArsyNya pada hari tidak ada naungan kecuali naunganNya. Yaitu, berwudhu pada waktu cuaca dingin, mendatangi masjid meskipun gelap, dan memberi makan orang yang kelaparan.” (HR Abu Muslim al Ashbahani)

3. Mendapat Ganjaran Terbaik di Surga
Ganjaran bagi orang-orang yang gemar bersedekah makanan, Allah juga menyiapkan balasan terbaik di surgaNya.

Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya di surga terdapat sejumlah kamar yang bagian luarnya terlihat dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lalu seorang Arab Badui berdiri lalu bertanya, “Ya Rasulullah untuk siapa kamar-kamar itu?” Nabi SAW menjawab, “…untuk orang yang memberi makan …” (HR Tirmidzi)

4. Diberi Gerbang Masuk Khusus bagi Orang yang Gemar Sedekah Makanan
Mereka diperkenankan untuk memasuki melalui sebuah pintu khusus yang tidak bisa dilewati orang lain.

“Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain.” (HR Thabrani)

Sahabat, sungguh indah ajaran Islam, mengedepankan distribusi kebaikan kepada sesama manusia. Yuk sahabat, jangan lupa berbagi. Kita beri makan orang yang membutuhkan.

“Siapa pun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan, pada hari Kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga…” (HR Tirmizi)

Sudah bersedekah hari ini?
Jika belum, Sahabat bisa KLIK LINK bit.ly/infaksinergi untuk bersedekah 🙂

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!