lumbung desa, pemberdayaan, penanaman, papaya california

Lumbung Desa Ciwangi Bersemangat Menanam Papaya California

Meski matahari menyengat dan mulai membakar tubuh, para petani itu nampak bersemangat dan antusias. Mereka, anggota kelompok tani di Lumbung Desa Ciwangi ini bersiap menanam Papaya California. ‘Seragam’ mereka lengkap: dengan topi cetok khas Sunda dan sandal jepit. Cukup untuk terjun ke lapangan.

Uniknya, kegiatan itu dimulai dengan mengumpulkan sampah bekas minuman yang terbuat dari bahan plastik. Sampah ini menjadi media persemaian pengganti polybag, yang selain lebih murah, ternyata bisa membantu menjaga lingkungan. Baru setelah itu, para petani mencampur tanah dan kotoran hewan untuk proses persemaian.

“Kelompok tani harus dilatih kekompakannya dan disadarkan pentingnya berkelompok. Sebelumnya ada pula kelompok tani lain, namun karena lemahnya pengetahuan dan bimbingan, akhirnya fungsinya tidak berjalan,” kata Ai, salah seorang anggota kelompok tani.

Sebab itu, penanaman Papaya California ini menjadi salah satu ikhtiar menjalin kekompakan. Mereka sendiri antusias dan bersemangat melakukan aktivitas ini sebab optimis dengan hasilnya, yang tentu bermuara pada kesejahteraan mereka.

Sahabat, itulah aktivitas Lumbung Desa Ciwangi. Lumbung Desa sendiri adalah upaya mengembalikan desa pada khittahnya: desa sebagai sumber pangan Indonesia, serta menciptakan kedaulatan pangan di Indonesia. Lumbung desa dengan konsep welfare society mendorong kesejahteraan masyarakat desa terus meningkat, dan kemiskinan terkurangi.

Ayo wujudkan masyarakat yang lebih berdaya dengan berkontribusi di program Lumbung Desa!

Klik di sini

Atau transfer ke:
Mandiri Syariah 700.098.2158
a.n Sinergi Foundation

Info dan konfirmasi:
0812 2066 7263

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by