Hikmah Masjid Al Aqsa sebagai Kiblat Pertama Umat Islam

Berita

Tak hanya menjadi tempat singgah Mi’raj Rasulullah, pun keistimewaan masjid Al Aqsa yakni menjadi kiblat pertama bagi umat muslim dalam melaksanakan shalat.

Dilansir dari republika.co.id, turunnya perintah untuk melaksanakan shalat menghadap Al Aqsa dimaksudkan agar dalam beribadah menghadap ke tempat yang suci, bebas dari berbagai macam berhala dan sesembahan.

Sebab kala itu, Ka’bah dipenuhi berhala dan sesembahan, bahkan jumlahnya mencapai 309 buah. Pun dengan shalat menghadap Ka’bah, hal tersebut menjadi kebanggaan bagi kaum kafir Quraisy. Seolah Rasulullah mengakui berhala-berhala mereka sebagai tuhan. Inilah salah satu hikmah diperintahkannya shalat dengan menghadap ke Baitul Maqdis (Al Aqsa).

Kurang lebih 16 bulan lamanya Rasulullah dan para sahabat melaksanakan shalat dengan menghadap Baitul Maqdis, kemudian turun perintah Allah untuk menghadap ke Ka’bah Mekah.

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu mengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkahlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.” (QS Al Baqarah: 44)

Kendati masjid Al Aqsa tak lagi menjadi kiblat umat muslim, namun Allah tetap mengistimewakan masjid kedua yang Rasulullah bangun di muka bumi ini. Dengan memberikan pahala yang luar biasa bagi mereka yang melaksanakan shalat di masjid Al Aqsa.

Dalam Hadist Riwayat Ahmad disebutkan, “Sesungguhnya Maimunah pembantu Nabi berkata, ‘Ya Nabiyallah, berilah kami fatwa tentang Baitul Maqdis.’ Maka Rasulullah menjawab, ‘Bumi tempat bertebaran dan tempat berkumpul. Datangilah ia, maka shalatlah di dalamnya, karena sesungguhnya shalat di dalamnya seperti seribu kali shalat dari shalat di tempat lain.’” (HR Ahmad)

Namun, angka tersebut masih menjadi perdebatan. Di mana terdapat hadist lain yang mengatakan bahwa mengerjakan sholat di Masjid Al Aqsha mempunyai keutamaan 500 kali lipat dibandingkan shalat di masjid lainnya.

“Shalat di Masjidil Haram lebih utama seratus ribu kali lipat daripada shalat di masjid-masjid lainnya. Shalat di Masjid Nabawi lebih utama seribu kali lipat. Dan shalat di Masjidil Aqsa lebih utama lima ratus kali lipat.” (HR Ahmad)

Source: DBS

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!