Seiring dengan berkembangnya teknologi, mendorong lembaga sosial untuk berinovasi menyediakan layanan kemudahan donasi secara online.

Pemanfaatan platform digital untuk donasi secara online kian menjadi pilihan masyarakat untuk berbagi dengan sesama. Karena praktis, cepat, efektif, dan terhubung dengan smartphone.

Memilih Lembaga untuk Donasi Secara Online

Bagi Sahabat yang masih belum yakin untuk donasi secara online karena khawatir penipuan, perlu disimak nih tiga hal yang harus diperhatikan saat donasi online:

Pertama, pilih lembaga yang menyediakan layanan yang beragam

Dewasa ini, ada banyak layanan kemudahan donasi yang bisa dicoba para donatur. Bisa melalui website, virtual account, bahkan marketplace. Sinergi Foundation sendiri memiliki website www.sinergifoundation.org. Hanya dengan satu klik, kapan pun dan di mana pun, umat Islam dapat berdonasi.

Website ini dikembangkan sebagai upaya menyajikan kemudahan layanan berbagi, khususnya zakat, infak, sedekah, wakaf, dan dana filantropi Islam lainnya. Website ini memiliki sejumlah fitur, antara lain program Sinergi Foundation (SF), kalkulator zakat, rekening zakat, klik donasi, dan info penyaluran donasi.

Sebagai lembaga terpercaya yang berikhtiar memberikan pertanggungjawaban, Sinergi Foundation pun menyediakan laporan program secara rutin kepada para donatur, baik di situs resmi www.sinergifoundation.org maupun di kanal donasi lainnya.

Kedua, pilih donasi yang tepat sasaran bagi masyarakat membutuhkan

Sinergi Foundation menyediakan berbagai program penyaluran, dan ini mendukung berbagai isu sosial di tengah masyarakat. Misalnya di bidang kesehatan, Sinergi Foundation memberikan lebih dari 10 ribu layanan persalinan untuk ibu dhuafa.

Selain itu, di bidang pendidikan, terdapat program wakaf Kuttab Al Fatih yang menyediakan pendidikan Islam berkualitas yang tak dipungut biaya bagi seluruh kalangan. Di bidang kemanusiaan, Sinergi Foundation berpartisipasi dalam membantu korban bencana, seperti gempa Turki dan Cianjur, juga pembangunan jembatan di Garut.

Ketiga, pilih donasi online yang sah sesuai syari’at

Karena tak bertatap muka, banyak masyarakat masih meragukan sah tidaknya sedekah atau donasi secara daring. Dalam Islam, zakat melalui online diperbolehkan. Menurut Syaikh Yusuf Al Qaradhawi, muzakki tidak harus menyatakan secara eksplisit kepada mustahik bahwa dana yang ia berikan adalah dana zakat dan hal tersebut dianggap sah.

Dengan demikian, seseorang dapat menyerahkan dana ZISWAF atau donasinya secara online kepada lembaga amil zakat (LAZ) termasuk Sinergi Foundation. Namun terkait hal ini, donatur pun harus melakukan konfirmasi, untuk memudahkan lembaga menyalurkan donasi kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Hal yang sama berlaku untuk donasi sedekah maupun wakaf.

Bagaimana? Sudah yakin untuk berdonasi online? KLIK DI SINI

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!