Bolehkah Mengumumkan Barang Hilang di Masjid?

Berita

Saat melaksanakan ibadah di masjid, sekali atau dua kali, kita pernah menemukan barang milik seseorang. Jika sudah demikian, bolehkah mengumumkannya di masjid?

Mengenai hal ini, para ulama berbeda pendapat.

Ada yang mengatakan hukumnya makruh. Ini adalah pendapat jumhur ulama dari empat madzhab. Argumen jumhur ulama adalah bahwa larangan tersebut bukan larangan yang sifatnya ta’abbudiy (ibadah), namun larangan tersebut ma’qul lil ma’na (bisa dipahami maksudnya), yaitu karena menimbulkan tasywisy (gangguan terhadap ibadah), adanya raf’us shaut (suara keras), dan laghat (kesia-siaan).

Adapula yang berpendapat haram. Karena dikhawatirkan akan mengganggu orang yang beribadah di masjid. Sebab, masjid dibangun untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Jadi akan lebih baik jika menjauhkan diri dari hal-hal yang bersifat keduniawian.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengatakan, “Mengumumkan barang hilang di masjid melalui pengeras suara tidak diperbolehkan, walaupun niatnya baik dan walaupun bermanfaat. Selama itu dilakukan di dalam masjid maka tidak diperbolehkan. Berdasarkan keumuman hadits Nabi Shallallahu ’Alaihi Wasallam: Barangsiapa yang mendengar seseorang mengumumkan barang hilang di masjid, maka katakanlah kepadanya: semoga Allah tidak mengembalikan barang tersebut kepadamu. Karena masjid tidak dibangun untuk itu. Ini adalah hadits yang shahih. Karena masjid bukan dibangun untuk itu.”

Mengenai hal ini, pendapat kedua yang lebih rajih dan lebih berhati-hati.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika menemukan barang milik orang lain? Berikut, hal yang bisa Sahabat lakukan:

1. Mengumumkan kehilangan barang atau menanyakannya dengan suara lemah. Seperti halnya berbicara biasa dengan sesama orang di masjid.

2. Mengumumkan di luar masjid
Boleh mengumumkan kehilangan barang dengan suara keras atau dengan memasang kertas pengumuman di luar masjid. Karena yang dilarang adalah di dalam masjid.

3. Bisa juga dititipkan ke petugas DKM masjid. Jika pemiliknya mencari, maka tak sulit untuk ditemukan kembali.

Semoga bermanfaat ya Sahabat!

Source: DBS

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!