kurban, hewan kurban

Apa Saja Adab Menyembelih Hewan?

Ternyata dalam berkurban, ada adab-adab terhadap hewan yang perlu kita teladani dari Rasulullah dan para sahabat. Seperti apa? Simak yuk artikel berikut:

1.Berbuat Kasih Sayang Kepada Hewan

Dari Qurrah bin Iyyas Al-Muzani : Bahwa ada seorang lelaki berkata : Ya Rasulullah, sesungguhnya aku mengasihi kambing jika aku menyembelihnya. Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika engkau mengasihinya maka Allah merahmatinya”. (HR Muslim)

2. Berbuat Baik (Ihsan) Ketika Menyembelih

Dengan melakukan beberapa perkara:

a. Menajamkan Parang

Dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu ‘anhu ia berkata : Dua hal yang aku hafal dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau berkata,”Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik (ihsan) atas segala sesuatu. Jika kalian membunuh (dalam qishah,-pent) maka berbuat ihsanlah dalam cara membunuh dan jika kalian menyembelih maka berbuat ihsanlah dalam cara menyembelih, dan hendaklah salah seorang dari kalian menajamkan parangnya dan menyenangkan sembelihannya. (HR Muslim)

b. Menjauh Dari Penglihatan Kambing Ketika Menajamkan Parang

Dalam hal ini ada beberapa hadits di antaranya.Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengamati seorang lelaki yang meletakkan kakinya di atas pipi (sisi) kambing dalam keadaan ia mengasah perangnya sedangkan kambing tersebut memandang kepadanya, maka beliau mengatakan: “Tidaklah diterima hal ini. Apakah engkau ingin benar-benar mematikannya. (dalam riwayat lain : Apakah engkau ingin mematikannya dengan beberapa kematian).” (HR Al Hakim)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu ia berkata : “Jika salah seorang dari kalian menajamkan parangnya maka janganlah ia menajamkannya dalam keadaan kambing yang akan disembelih melihatnya”.  (HR Al Hakim)

c. Menggiring Kambing Ke Tempat Penyembelihan Dengan Baik
Ibnu Sirin mengatakan bahwa Umar Radhiyallahu anhu melihat seseorang menyeret kambing untuk disembelih lalu ia memukulnya dengan pecut, maka Umar berkata dengan mencelanya : Giring hewan ini kepada kematian dengan baik. (HR Abdurrazaq)

2. Membaringkan Hewan Yang Akan Disembelih

Aisyah Radhiyallahu ‘anha menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan untuk dibawakan kibas, lalu beliau mengambil kibas itu dan membaringkannya kemudian beliau Shallallahu alaihi wa sallam menyembelihnya. (HR Al Baihaqi)

Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu berkata: Penyembelihan dilakukan di sekitar kerongkongan dan labah. Labah adalah lekuk yang ada di atas dada dan unta juga disembelih di daerah ini.

3. Menghadapkan Hewan ke Arah Kiblat

Nafi’ menyatakan bahwa Ibnu Umar tidak suka memakan sembelihan yang ketika disembelih tidak diarahkan kearah kiblat.  (Shahih Abdurrazaq)

4. Tasmiyah (Mengucapkan Bismillah)

“Dan janganlah kalian memakan hewan-hewan yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya, sesungguhnya perbuatan semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaithan itu mewahyukan kepada wali-walinya (kawan-kawannya) untuk membantah kalian”. [Al-An’am : 121]

Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu berkata : “Rasulullah menyembelih hewan kurban dengan dua domba jantan. Beliau mengucap bismillah dan bertakbir.Dan dalam riwayat Muslim: beliau mengatakan Bismillah wallahu Akbar.”

Sumber: Buku Seri Fiqih Kehidupan 11 : Sembelihan karya Ahmad Sarwat, Lc, MA

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by