Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Hujan Turun

Berita

Hujan adalah berkah dan rezeki dari Allah. Sebab, kembali menyuburkan tanah yang kering, membasahi ladang yang tandus, serta menghapus gersang pasca kemarau panjang.

Karena itu, saat hujan turun kita dianjurkan untuk mengerjakan amal shaleh daripada mengeluh. Diantara amal shaleh yang dianjurkan adalah ;

1. Berdoa sebagai Rasa Syukur
Tahukah Sahabat, hujan merupakan kesempatan terbaik untuk memanjatkan doa. Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan.

Sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan, yakni pada saat bertemunya dua pasukan, menjelang shalat dilaksanakan, dan saat hujan turun.”

2. Tidak Mencela Hujan
Hujan yang turun merupakan berkah Allah atas seluruh alam semesta. Karena itu, tak patut jika kita mencela hujan yang membawa rezeki. Terlebih, mencela hujan, berarti kita mencela Allah sebagai Pencipta hujan.

3. Berdoa ketika Hujan Lebat
Pada suatu waktu Nabi SAW pernah meminta untuk diturunkan hujan. Namun, ketika hujan turun begitu lebatnya, beliau memohon kepada Allah SWT untuk dikembalikan menjadi cuaca cerah. Dalam kondisi hujan lebat, Rasulullah memanjatkan doa kepada Allah.

4. Mengambil Berkah dari Air Hujan
Anas bin Malik RA berkata, “Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah saw. Lalu Rasulullah menyingkap bajunya sampai tersiram hujan. Kemudian kami mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?’ Kemudian Rasulullah SAW bersabda, ‘Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.’”

Makna dari hadis itu menurut An Nawawi, bahwa hujan adalah rahmat yang baru saja diciptakan Allah SWT. karena itu Nabi saw bertabaruk (mengambil berkah) dari hujan tersebut.

5. Berdoa ketika Mendengar Suara Petir
Ketika Abdullah bin Az Zubair mendengar suara petir, dia menghentikan pembicaraan, dan kemudian mengucapkan, “Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memujiNya karena rasa takut kepadaNya.”

6. Berwudhu dengan Air Hujan
Disebutkan, apabila air mengalir di lembah, Nabi SAW mengatakan, “Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan Allah sebagai alat untuk bersuci”. Kemudian mereka bersuci dengan air hujan tersebut.

7. Berdoa Setelah Hujan Turun
Dianjurkan untuk berdoa setelah turun hujan. Doa tersebut berbunyi seperti ini, “Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah.”

Demikian amalan-amalan yang bisa kita kerjakan selama musim hujan. Semoga hujan yang Allah turunkan ini membawa berkah bagi seluruh penduduk bumi ya, Sahabat, aamiin.

Source: DBS

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!