mauquf alaih, wakaf, wakaf produktif, penerima manfaat, wakaf uang, wakaf, wakaf produktif, sinergi foundation, umat Islam, masalah sosial, wakaf uang, wakaf tunai, wakaf, wakaf produktif, wakaf, sahabat, raumah, abu thalhah, umar bin khattab, wakaf, masalah mendesak, umat, zakat

Wakaf untuk Keperluan Mendesak

Tujuan wakaf tercermin pada akad. Karena wakaf itu dari awal ingin memberikan yang terbaik, supaya dapat pahala terbaik, maka sasaran wakaf itu sendiri adalah hal-hal yang paling penting dan mendesak.

Menurut pakar sejarah Islam ustaz Asep Sobari Lc., itu tergantung kondisi masyarakat. Pada zaman Rasulullah, hajat dasar belum terpenuhi dengan baik. Maka wakaf Rasulullah, wakaf para sahabat zaman itu lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan dasar, karena waktu itu zakat belum memenuhi itu.

Sementara itu, ia menjelaskan,  masalah pemberdayaan bukan dari zakat, melainkan dari wakaf. Dulu memang antara zakat dan wakaf itu ada irisan, katanya, yakni ketika dimasa-masa awal Rasulullah, zakat itu belum memenuhi karena muzakinya belum banyak.

“Terkadang juga ada krisis pangan yang luar biasa. Dulu para sahabat membawa temannya ke rumahnya untuk  makan sepiring berdua. Puncaknya zakat, pada  zaman Umar bin Abdul Azi, standar kemiskinan itu tinggi sekali,” katanya.

Ia menambahkan, standar kemiskinan zaman Umar bin Abdul Aziz itu lebih tinggi dari dunia sekarang dengan standar PBB. Ketika zakat belum memenuhi kebutuhan dasar itu, maka wakaf hadir di situ. “Dan sebenarnya ini menjadi penting sekali karena kalau menunggu zakat itu lama,” imbuhnya.

Orang pertanian harus ada panen, hewan ternak harus sampai nishab, itu butuh waktu semua. Terus kalau zakat harta itu harus setahun dulu. “Kalau wakaf tidak menunggu semua itu, orang lebih cepat wakaf, sehingga disaat kondisi umat itu sedang dalam posisi sulit, maka wakaf mendukung zakat untuk menuntaskan masalah saat itu,” tandasnya.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by