Wakaf Tuntaskan Permasalahan Sosial

Berita

Home » Berita » Wakaf Tuntaskan Permasalahan Sosial

Sepanjang sejarah peradaban Islam, wakaf telah menjadi salah satu instrumen penting dalam meningkatkan kesejahteraan umat Islam. Hal tersebut nampak dalam beragam inovasi fasilitas publik yang dapat dinikmati siapa saja tanpa memandang latar belakang.

Misalnya saja pada masa Rasulullah, Umar bin Khattab mewakafkan tanahnya yang berada di Khaibar agar dikelola dan hasilnya dibagikan untuk kerabat dan kaum dhuafa.

Begitu pun Utsman bin Affan. Beliau mewakafkan sumur yang dibelinya dari seorang Yahudi untuk kepentingan umat. Bahkan pemilik sebelumnya pun diperbolehkan mengambil air dari sumur Utsman.

Beberapa masa setelahnya, inisiatif wakaf kian berkembang. Mulai dari kesehatan, pendidikan, pembangunan masjid, rumah sakit, perpustakaan, rumah singgah untuk musafir, pasar, dan lainnya.

Memang di masa kejayaan Islam, berbagai pihak seperti amir, dermawan, hingga sultan menaruh perhatian terhadap wakaf, karena tahu betul wakaf bisa memberikan kontribusi besar bagi kemaslahatan umat.

Wakaf Dipakai untuk Biaya Haji

Peradaban Islam selalu menarik untuk diulas. Di antara kemajuan, keindahan, dan daya pikatnya, terdapat satu peristiwa yang pernah diungkapkan Ibnu Bathutah dalam ekspedisinya. Ia menceritakan pesona perwakafan di Damaskus dengan penuh pujian dan decak kagum.

Ia mengatakan, “Perwakafan di Damaskus tidak terhitung jenis dan pendistribusiannya karena jumlahnya yang sangat banyak. Di antara perwakafan tersebut adalah wakaf yang diperuntukkan kepada orang-orang yang tidak mampu melaksanakan ibadah haji. Wakaf ini memberikan sejumlah uang kepada seseorang untuk menghajikannya.”

Pun, di masa lain, wakaf telah banyak membantu pengembangan dalam berbagai ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya ilmuwan-ilmuwan tersohor dan kemajuan ilmu yang sangat pesat. Masya Allah, sungguh luar biasa sekali ya..

Sahabat, kita juga bisa melakukan hal serupa untuk membangun Indonesia, lho. Dengan berwakaf di Sinergi Foundation, Anda dapat mendukung hadirnya pendidikan gratis, pelayanan kesehatan tanpa berbayar, hingga sarana beribadah di wilayah terdampak bencana.

Yuk, bersinergi wakaf bersama kami!

Transfer #SinergiWakaf sahabat ke:
Mandiri Syariah 700 098 3459
BCA 008 305 3477
a.n Yayasan Semai Sinergi Umat / Sinergi Foundation

Konsultasi Wakaf dan Konfirmasi Transfer Wakaf:
Official Contact Center 081 321 200 100

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!