Tingkatkan Produksi Pangan, Lumdes Tasikmalaya Optimalkan 1,2 Hektar Lahan Nganggur

SF-UPDATE,– Kelompok tani yang terhimpun dalam program Lumbung Desa (Lumdes) Al Hidayah warga kampung Cibaeud, Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya berupaya meningkatkan produksi pangan dengan memanfaatkan 1,2 Hektar lahan menganggur. Proses stek dan penanaman tangkai ubi ini telah dilaksanakan sejak akhir Januari 2015 lalu.

“Ya, 1.2 hektar tanah itu sekitar 800 tumbak tak terpakai, yang saat ini tengah kami garap dengan penanaman Ubi Cilembu ini,” kata Ketua Lumdes Al Hidayah, Gungun Gunawan, Rabu (3/2/2015).

Menurutnya, mereka memang tengah menggencarkan pemanfaatan lahan yang kurang produktif. Tanah-tanah tersebut berbulan-bulan tidak ditanami akibat kekurangan saluran air saat kemarau. Menganalisa hal ini, Gungun berdiskusi dengan para mitranya terkait tanaman yang akan ditanam di lahan tersebut.

“Selain menanam padi dan cabai, menanam ubi itu biaya produksinya terbilang terjangkau. Dan kami bisa menghasilkan 3 ton ubi untuk setiap 100 tumbak lahan ini,” jelasnya. Ia menambahkan, pasar untuk produksi ini besar dan sudah siap. Sehingga, ia optimis cocok tanam ubi ini akan menambah pemasukan lumbung desa.

Ke depannya, ia menuturkan, pemanfaatan lahan kurang produktif akan terus dilakukan dengan menanam tanaman-tanaman lain. Gungun menyatakan, hal ini guna meningkatkan perekonomian warga di kampung Cibaeud. []

 

Reporter Program SF : Aghniya Ilma Hasan

Editor : Pipin Nurullah

 

 

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.