Meskipun wakaf sudah dikenal sejak zaman Rasulullah SAW, namun sejarah wakaf uang atau wakaf tunai baru dimulai di Turki pada abad ke-15 Hijriah.

Pada Abad tersebut, sejarah wakaf uang di Turki biasanya merujuk pada praktek cash deposit di lembaga-lembaga keuangan. Seperti bank, dimana wakaf uang tersebut biasanya diinvestasikan pada sektor bisnis.

Lalu keuntungan dari hasil investasi tersebut digunakan kepada segala sesuatu yang bermanfaat dalam bidang sosial keagamaan.

Penerapan wakaf uang pada masa Kesultanan Turki Ustmani sangat berdampak positif terhadap kemajuan keagamaan, sosial dan ekonomi masyarakat pada masa itu.

Penerimaan dan penilaian wakaf uang di Turki harus melalui proses yang legal dengan pencatatan yang baik untuk menghindari sengketa yang bisa terjadi di kemudian hari. Harta uang yang akan diwakafkan pun harus mendapat persetujuan dari pemilik harta.

Kesuksesan praktik wakaf uang ini memunculkan berbagai ide dalam implementasi ekonomi Islam. Para ulama dan praktisi ekonomi Islam mulai menjadikan wakaf uang sebagai salah satu basis pembangunan ekonomi umat.

Hukum Wakaf Uang

Dalam sejarah wakaf uang, hukum diperbolehkannya merujuk pada pendapat dari Imam Az-Zufar. Ia adalah seorang ulama abad ke-8 dari kalangan mazhab Hanafiyyah yang membolehkan wakaf uang.

Syaratnya, wakaf uang tersebut harus diinvestasikan secara mudharabah dan keuntungan yang dihasilkan digunakan untuk bantuan sosial. Begitu halnya dengan pendapat Imam Bukhari dan Ibnu Syihaab Az-Zuhri, praktik wakaf dinar dan dirham diperuntukkan sebagai modal usaha.

Seseorang yang berwakaf berarti ia menyerahkan harta miliknya untuk ditahan (diserahkan untuk dikelola), agar harta tersebut dapat menghasilkan manfaat dari waktu ke waktu.

Sejarahnya Indonesia

Sejarah wakaf uang di Indonesia sendiri dimulai dari fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tanggal 11 Mei 2012.

Lalu pada tanggal 25 Januari 2021, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI), serta lembaga lain yang terkait, meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU).

GNWU adalah sebuah program yang mengedukasi tentang wakaf uang guna meningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat untuk melakukan wakaf.

Gerakan ini menetapkan wakaf uang sebagai program strategis wakaf nasional dan memayungi program-program inisiatif pengembangan wakaf di Indonesia.

Anda ingin berwakaf? Yuk tunaikan di sini >>> KLIK LINK INI <<<

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!