Pentingnya Ikrar saat Berwakaf

Artikel Wakaf

Sedekah di dalam Al Qur’an bisa disebutkan dengan zakat, infaq, atau wakaf. Ketiganya memiliki perbedaan dari segi peruntukkannya. Namun yang bisa membedakan ibadah tersebut salah satunya adalah akad antara si pemberi sedekah dan pihak penerima (pengelola lembaga zakat).

Sebuah ibadah wakaf memiliki rukun yang menjadi kerangka dasar agar hukumnya menjadi sah dan diterima Allah SWT. Rukun pertama wakaf dan disepakati oleh seluruh ulama adalah adanya sighat atau ikrar atas wakaf.

Biasanya sighat itu terdiri dari dua hal, yaitu ijab dan kabul. Ijab adalah pernyataan dari pemilik harta yang menyerahkan harta miliknya sebagai wakaf. Sedangkan kabul adalah ucapan penerima dari pihak yang diserahkan kepadanya harta wakaf.

Ijab bisa dilakukan dengan pernyataan tegas (sharih) dan bisa dengan lafadz yang bersifat tersamar (kinayah), seperti pada kasus talak.

Pernyataan yang tegas (sharih) adalah bila seorang pemilik harta dengan berkata, “Aku wakafkan harta ini”. Sedangkan lafadz yang bersifat tersamar (kinayah) adalah lafadz yang masih bisa ditafsirkan menjadi pemahaman yang berbeda.

Setelah mengucap ikrar, wakaf sudah tertunai secara sah. Meski begitu, saat menyatakan ikrar tidak cukup dilakukan mandiri di hadapan 2 saksi, tapi dilakukan di hadapan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW), serta dituangkan dalam bentuk Akta Ikrar Wakaf.

Pentingnya pembuatan Akta Ikrar Wakaf sebagai kehati-hatian jika kelak terjadi sengketa karena gugatan ahli waris. Jika hal ini terjadi, yang dapat dijadikan bukti hanyalah orang-orang yang menyaksikan langsung peristiwa wakaf. Namun ketika saksi tersebut meninggal dunia, pasti akan sulit mencari bukti lain.

Hal lain yang dapat dijadikan bukti yaitu pengakuan disertai sumpah dari wakif dan nazhir yang masih hidup. Dan jika kedua pihak tersebut telah meninggal dunia, maka bukti terkuat untuk membuktikan tanah wakaf tersebut yaitu Akta Ikrar Wakaf atau Akta Penggantian Akta Ikrar Wakaf (APAIW) dan sertifikat atas tanah wakaf tersebut.

Wallahua’lam bishshawwab.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!