Pemberdayaan di Lumbung Desa Sejak Dulu, Kini, & Nanti

Berita

Data BPS per september 2019 mengungkap, persentase kemiskinan di Indonesia masih di dominasi oleh masyarakat desa yang, mayoritas bekerja sebagai nelayan, petani, buruh tani, juga buruh bangunan.

Indonesia memiliki 80 ribu lebih wilayah administrasi setingkat desa. Namun katanya, 70 ribu desa diantaranya hidup dalam kondisi kemiskinan.

Lahirnya Lumbung Desa juga berangkat dari fakta-fakta diatas. Lumbung Desa, sederhana namun menyimpan makna mendalam. Lumbung, tempat menyimpan hasil pertanian. Meski secara bahasa berarti seperti itu, namun program yang digagas oleh Sinergi Foundation ini tidak hanya menjadi tempat penyimpanan hasil pertanian.

Lebih lanjut, Lumbung Desa adalah sebuah upaya mengembalikan desa pada khitahnya: menjadi desa berdaulat, yang dibangun petani bermartabat, sebagai sumber pangan dan kearifan lokal negeri tercinta, Indonesia. Seiring waktu, bukan saja pertanian, namun juga kelautan dan pemberdayaan nelayan.

Aktivitas Petani di Lumbung Desa

Ada sejumlah kegiatan pemberdayaan yang dilakukan di program ini. Lumbung Desa – Sinergi Foundation sendiri tersebar di sejumlah titik, di antaranya: Compreng – Subang, Cigalontang – Tasikmalaya, dan  pemberdayaan nelayan di Banyuwangi.

Apa saja aktivitasnya?

  • Pemantapan desa wisata (Cigalontang)
  • Peningkatan Skill Petani & Nelayan
  • Permodalan untuk mitra tani & nelayan
  • Pembelian lahan dan pembangunan gudang saprotan
  • Pembibitan
  • Perbaikan kualitas beras
  • Pemberian Fish Bank & bantuan alat selam
  • Pembuatan bagan tanam
  • Ber-ton tangkapan ikan: lemuru, kembung, sliding, cumi, pelag

Per tahun 2020 sendiri, ada sekira 651 petani dan nelayan yang diberdayakan melalui program Lumbung Desa. Sebarannya adalah  180 Petani Cigalontang, 234 Petani Compreng, dan 237 Nelayan Fish Bank Banyuwangi.

Dari setiap kentungan bersih dari pengelolaan program Lumbung Desa, sebagian disisihkan untuk dana sosial (Charity & pendidikan), berfokus untuk kesejahteraan masyarakat di desa setempat.

Sahabat, Lumbung Desa adalah sebentuk upaya menghapuskan, atau setidaknya mengurangi angka kemiskinan di desa-desa di negeri tercinta ini dengan program pemberdayaan jangka panjang. Yuk dukung terus program ini. Agar masyarakat desa bisa semakin sejahtera kini dan nanti. []

 

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!