kurban, Green Kurban, kurban, ibadah, kurban, green kurban, idul adha

Keutamaan Ibadah Kurban

Karena sangat dianjurkan, ibadah kurban memiliki banyak keutamaan. Pakar Ilmu al Quran yang juga Direktur Mahad Ilmu Al Quran dan Dirasah Islamiyah (MAQDIS) Dr. Saiful Islam Mubarak mengatakan bahwa amalan kurban merupakan amalan yang paling dicintai Allah.

Menurut Dr. Saiful Islam, kurban berkaitan dengan ibadah sosial. “Terkait ibadah kurban ini terkait sekali dengan komunikasi sosial, sehingga Rasulullah memberikan motivasi untuk berkurban kepada semua  lapisan umat,” kata Dr. Saiful Islam kepada Alhikmah medio Juli lalu.

Motivasi itu, menurut ustaz Saiful terlihat jelas dari hadits Nabi, ”Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan qurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan darah itu di sisi Allah SWT segera menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

“Hadits ini menegaskan bahwa tidak ada amal yang paling Allah cintai yang dilakukan pada hari kurban melebihi mengalirkan darah hewan yang dikurbankan,” katanya.

Sebab, kata Pakar al Quran alumnus Al Azhar ini, pada hari kiamat, hewan sembelihan kita akan bersaksi dengan tanduknya, kukunya, bulu, bahwa kita telah melaksanakan kurban.

Selain itu, dalam kurban, kaum fakir miskin bisa bersama-sama menikmati hewan sembelihan bersama. “Kurban istilahnya, yuk kumpul disini, sama-sama, orang kaya, orang miskin, pejabat, Kiai, mahasiswa, para santri, semua makan bersama,” katanya.

Namun, selain keutamaan, Dr. Saiful menjelaskan bahwa ada kalimat Rasulullah yang sedikit mengandung makna ancaman bagi orang yang mampu berkurban namun enggan berkurban.

“Rasulullah sampai memberikan peringatan, barang siapa yang memiliki kemampuan, punya keluasan hatinya, tidak berkurban, jangan mendekati tempat shalat kami. Ucapan tersebut maknanya bukan berarti larangan mendekat tempat shalat, itu peringatan,” kata Dr. Saiful Islam.

Peringatan tersebut menurut ustaz Saiful merupakan bahasa psikologis Rasulullah untuk memotivasi para sahabat untuk berkurban karena begitu pentingnya berkurban. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by