Green Kurban

Green Kurban Plus Penghijauan

dari 1 hewan kurban turut ditanam 1 pohon

Isu lingkungan memang bukan sesuatu yang baru. Ramai mencuat kembali sekitar satu-dua dekade ini. Tentu bukan latah, atau belaka membebek arus utama. Tapi kesadaran dari lubuk hati yang paling dalam, bahwa amanah adalah sesuatu yang kelak dipertanggungjawabkan, maka Sinergi Foundation menggagas Green Kurban, sebagai inovasi Program Kurban Plus penghijauan, dimana dari satu hewan yang Anda kurbankan, turut ditanam satu pohon sebagai ikhtiar hijaukan bumi.

Salah satu langkah menghijaukan bumi yang dilakukan Green Kurban adalah dengan menanam pohon di pegunungan yang ada di Garut. Di Malangbong Garut, selama tiga tahun terakhir Green Kurban turut berkontribusi menanam ribuan pohon jabon yang bermanfaat mengembalikan fungsi hutan sebagai sumber serapan air.

Pertumbuhan bambu berfokus pada penguatan akar. Pengorbanan dan kesabaran menjalani proses, menjadikan akar bambu sebagai pondasi tak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga teramat berguna bagi lingkungan sekitar. Bagi bambu, akar yang kuat, tentu akan menopang keberlangsungan batang bambu, yang tingginya bisa mencapai puluhan meter, kelak.

Pada perkembangannya, di 2018 Green Kurban menanam 684 bibit bambu yang dikenal sebagai tanaman konservasi lingkungan di Selaawi Garut. Tentu ini diharapkan bisa memperbaiki lahan kritis. Dan kelebihannya, turut memberdayakan masyarakat dengan kreasi kerajinan tangan, produk substitusi kayu, konstruksi bangunan, dan lainnya.

Saat Anda membaca artikel ini, dan lalu bergabung bersama ribuan pekurban lainnya dalam program Green Kurban, semoga bisa menambahkan sebuah nilai positif (menanam pohon bambu) yang mengiringi ibadah kita. Menjadi bagian dari amal jariyah yang senantiasa mengalirkan kebaikan, berujung kebahagiaan. Amiin. Wallahu a’lam. []

Portofolio Green Kurban

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!