Wakaf Air Untuk Desa Indonesia dan Gaza

Home » Campaign » Wakaf Air Untuk Desa Indonesia dan Gaza

Sahabat, di wilayah lain Indonesia, ada banyak orang yang tak beruntung kita dalam mengonsumsi setetes air. Alhamdulillah, kita masih diberi kemudahan minum dengan puas, mandi kapan saja, pun tak takut kehabisan air untuk mencuci. Tapi bagaimana dengan wilayah lain?

Di pelosok-pelosok Indonesia, ada yang harus menempuh perjalanan jauh, atau mengeluarkan kocek lebih dalam, hanya untuk mendapatkan air bersih. Kendati berada di dataran tinggi, rupanya daerah resapan air tidak berfungsi dengan baik. Dengan sumber yang sangat sedikit, mereka terpaksa hidup dalam keterbatasan air.

Tak ada pasokan air sama sekali bahkan untuk minum. Bagaimana bisa mengalirkan air lahan perkebunan mereka, jika untuk kebutuhan rumah tangga saja air begitu kering?

Hal lebih mengerikan terjadi di Gaza, Palestina. Sulit sekali bagi para warga untuk mendapatkan air bersih. Menurut WHO, sekira 97% air di pemukiman Gaza tercemar zat berbahaya. Lapisan akuifer yang rusak parah tidak lagi mampu menyaring salinitas dan tingginya kadar nitrat di air. Apalagi, limbah perang akibat konflik membuat kualitas air Gaza semakin buruk.


Jika air dengan kadar nitrat tinggi itu dikonsumsi, tentu akan memicu banyak penyakit. Akibat air yang tercemar ini, sebanyak 1.309.808 orang terdampak. Membeli air di luar wilayah adalah hal sulit karena 65% warga Gaza tergolong miskin.

Insya Allah Sinergi Foundation membangun wakaf sumber air untuk mengakomodasi kebutuhan warga pelosok Indonesia hingga Gaza akan air bersih yang sangat besar. Sebab air adalah kebutuhan esensial bagi tubuh manusia.

Sahabat bisa berdonasi Wakaf Air di pelosok Indonesia dan Gaza, Palestina senilai Rp250.000/pax.

×