INNALILLAHI WA INNA ILAIHI RAAJ’IUN, PULUHAN NYAWA MENINGGAL DALAM BANJIR & LONGSOR SUMBAR

Banjir bandang dan longsor menimpa 3 daerah di Sumatera Barat pada Sabtu (11/5/2024). Daerah tersebut melingkupi Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar hingga Kota Padang Panjang. Bencana ini mengakibatkan puluhan nyawa meninggal dunia.

Berdasar keterangan BNPB sebelumnya, bencana ini dipicu intensitas curah hujan yang tinggi di beberapa kecamatan. ingga Senin (13/5) tim gabungan masih berada di lapangan karena masih ada korban yang diduga belum ditemukan.

Selain menelan banyak korban jiwa, banjir juga merusak rumah warga, fasilitas umum seperti jalan dan jembatan, serta lahan pertanian.

Kebutuhan mendesak yang saat ini dibutuhkan oleh para pengungsi :
– Matras
– Kendaraan Tangki
– Selimut
– Kasur Lipat
– Tenda
– Penenrangan
– Sembako
– Hygiene Kit

Ayo sinergi bersama bantu korban bencana alam. Donasimu bantu ringankan beban mereka!

Salurkan donasi terbaik Anda untuk para korban bencana dalam dan luar negeri! Caranya
1. Masukan Nominal Donasi Terbaikmu
2. Klik Tombol “Donasi Sekarang”
3. Pilih Metode Pembayaran dan isi data diri
4. Transfer sesuai nominal

 

 

 

*Disclaimer:
90% dana yang terhimpun melalui program ini akan disalurkan untuk program kebencanaan, 10% untuk kegiatan syiar dakwah kelembagaan, sebagaimana yang tercantum dan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan.

Kondisi Pasca Gempa Sumedang

gempa sumedang

Seperti inilah kondisi pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumedang yang telah dievakuasi ke dalam tenda darurat pasca gempa yang terjadi pada Minggu (31/12).

Gempa berkekuatan 4.8 magnitudo yang terjadi pada pukul 20.34 WIB mengguncang sebagian besar wilayah Sumedang Kota. Gempa ini menyebabkan beberapa kerusakan di gedung RSUD diantaranya di lantai 5 dan lantai 7 mengalami retakan pada dinding.

Pasien dievakuasi sesuai urutan ruangan dan dipindahkan ke dalam tenda sesuai ruangan yang ditempati agar mempermudah nakes untuk mendata dan memberikan perawatan kepasa para pasien. Namun pasien yang berada di tenpa harus bertahan dalam keadaan gelap gulita dan hanya mengandalkan cahaya senter selama perawatan.

Sedangkan pasien yang berada di halaman rumah sakit tengah mengantri di ruangan terbuka dan terpaksa harus merasakan angin malam, mereka harus menunggu untuk bisa segera dievakuasi ke dalam tenda.

Alhamdulillah tenaga kesehatan yang tersedia untuk saat ini dapat menangani pasien yang tengah dievakuasi. Sementara di daerah lain beberapa rumah mengalami kerusakan parah, diantaranya di kelurahan Regol dan Pasanggrahan yang lokasinya dekat dengan titik pusat gempa.

Sahabat mari doakan keselamatan warga Sumedang agar tidak ada lagi gempa susulan dan keadaan kembali normal. Semoga Allah menaungi keselamatan untuk mereka.

#gempasumedang

Optimalkan Bantuan Korban Terdampak Gempa Turki - Suriah, Sinergi Foundation Berangkatkan Tim Kemanusiaan ke Turki

Sebagai bentuk aksi solidaritas dalam merespon bencana yang menimpa Turki – Suriah Senin (6/2/2023) lalu, Sinergi Foundation melalui Tim Relawan Kemanusiaan memberangkatkan perwakilan Tim Kemanusiaan ke Turki untuk menyalurkan bantuan dan membantu para korban terdampak.

Tim Relawan Kemanusiaan yang diwakili oleh Komaludin berangkat menuju Turki pada Sabtu (18/2/2023), bergerak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Udara Istanbul, Turkiye. Keberangkatan dihadiri oleh lembaga-lembaga anggota yang tergabung dalam Forum Zakat (FoZ).

Keberangkatan Tim Relawan Kemanusiaan Sinergi Foundation tersebut dilakukan setelah melakukan rapat koordinasi bersama pihak terkait di antaranya Forum Zakat (FoZ), Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (BNPB) Republik Indonesia dan pihak pemerintahan.

Rencananya setibanya di Turki, tim relawan kami akan mengunjungi Konsulat jenderal Republik Indonesia di Istanbul terlebih dahulu kemudian akan menuju wilayah yang terdampak untuk menyalurkan kebutuhan para korban,

Semoga dinginnya salju tak menghalangi tekad dan niat tim Sinergi Foundation untuk terus menyampaikan amanah dari donatur.

Sinergi Foundation memenuhi undangan BNPB Terkait Koordinasi Bantuan untuk Korban Gempa Turki-Suriah

gempa-turki
Sinergi Foundation menjadi salahsatu lembaga yang diundang oleh BNPB terkait kegiatan Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Bantuan Kemanuisaan Bencana Gempa Bumi oleh Pemerintah Republik Indonesia Kepada Pemerintah Turki dan Suriah. Dalam koordinasi yang dilakukan bersama BNPB pada Rabu (15/2/2023) yang berlokasi di Gedung Graha BNPB, tidak hanya mengundang Sinergi Foundation terkait dengan tindak lanjut bantuan kemanusiaan bencana gempa bumi Turki dan Suriah.

Dalam koordinasi bersama BNPB tersebut, Sinergi Foundation diwakili oleh Komaludin, yang juga sebagai Tim Relawan Kemanusiaan Sinergi Foundation.

Secara umum, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Komaludin saat mengikuti rapat koordinasi bersama BNPB, bahwa saat ini pemerintah Indonesia telah mengirimkan sebanyak 119 Sumber Daya Manusia untuk membantu para korban gempa di Turki dan Suriah.

“Dalam koordinasi yang dilakukan bersama BNPB, sebenarnya untuk tanggal 20 Februari akan dilakukan simbolis pemberangkatan bantuan dari Indonesia untuk Turki dan Suriah. Dan akan diberangkatkan 4 buah pesawat dimana 2 pesawat untuk Turki dan 2 lagi untuk Suriah,” tutur Komaludin.

Walaupun banyaknya lembaga non-profit di Indonesia, namun berdasarkan informasi yang didapatkan dari Komaludin, hingga saat ini hanya ada beberapa lembaga yang berangkat menuju Turki.

“Untuk lembaga yang pergi ke Turki itu tidak banyak, sekarang saja untuk lembaga yang sudah terhitung disana sekitar 5 lembaga member Forum Zakat (FoZ). Dan di luar member itu ada beberapa, karena terkait dengan operasional yang lumayan besar,” tutur Komaludin.

Setelah melalui berbagai koordinasi, Sinergi Foundation sebagai lembaga yang turut aktif dalam memberikan bantuan untuk wilayah terdampak bencana, mengirimkan perwakilan dari Tim Relawan Kemanusiaan untuk secara langsung terjun membantu para korban gempa di Turki.

BANTUAN PAKET MAKANAN UNTUK KORBAN GEMPA TURKI

Alhamdulillah paket bantuan berupa paket makanan siap kami salurkan kepada para penyintas gempa turki diwilayah gaziantep, Turki (14/2)

Paket makanan berisi makanan hangat siap santap, semoga bisa sedikit membantu meringankan beban para korban dipengungsian ☺️

Terimakasih sahabat telah bersinergi kebaikan untuk para korban gempa Turki

Ayo Terus Bersinergi bersama kami bantu korban bencana alam, Donasimu bantu ringankan beban mereka!

Sinergi Foundation Tergabung Bersama Forum Zakat, Berkoordinasi dengan Kemenko PMK Republik Indonesia Terkait Bantuan ke Turki

gempa turki

Sahabat, gabungan tim relawan dari berbagai lembaga melakukan rapat darurat secara online terkait aksi kemanusiaan untuk korban gempa Turki.

Tim Sinergi Foundation turut serta di dalam rapat yang melibatkan Kemenko PMK dan FOZ ini, untuk memberikan aspirasi dan kontribusi dalam penanganan bencana di sana.

Saat ini, sejumlah negara telah menurunkan tim SAR. Pun pemerintah Turki sendiri secara langsung meminta pertolongan pada Indonesia saking sedemikian daruratnya situasi di sana.

Sebab itu, dalam rapat tersebut, sejumlah relawan akan diturunkan langsung ke Gaziantep Turki seraya menyalurkan bantuan yang diperlukan.

Mengingat di sana tengah musim dingin, persiapan turun ke lapangan perlu dilakukan secara matang. Bantuan yang disalurkan pun harus strategis untuk para penyintas.

Sahabat, dukung dan doakan para relawan agar mampu maksimal menolong korban gempa Turki ya. 🙏🏻

Update Gempa Turki dan Suriah

.

Foto Dokumentasi Hayat Yolu, mitra penyalur SF untuk bantuan Gempa Turki

Tim Firdaus Memorial Park Bantu Layanan Pemulasaraan Korban Gempa

Sinergi Foundation melalui tim relawan Firdaus Memorial Park masih terus berkhidmat membantu pelayanan pemulasaran jenazah korban gempa Cianjur.

Terhitung pada Jumat (25//11), tim relawan telah bergerak membantu dua jenazah. Salah satunya pengantaran ambulans Andika Sulaiman, staf SMP Al Azhar yang meninggal karena tertimbun reruntuhan.

Tim FMP melakukan pengantaran dari tempat otopsi menuju rumah duka lalu ke tempat pemakaman.

Selain itu, tim relawan FMP juga memberikan bantuan tool kit jenazah untuk keluarga Pak Dani Irawan, salah seorang yang meninggal di RSUD setempat.

Update terbaru gempa Cianjur, ada sebanyak 272 orang yang terkonfirmasi meninggal dunia. Dengan banyaknya angka ini, diprediksi semakin banyak pula yang membutuhkan layanan pemulasaraan.

Bantuan tim FMP berupa layanan pengantaran dengan ambulans, lalu pemulasaraan: memandikan, mengkafani, menyolatkan, hingga memakamkan jenazah secara layak.

Selain layanan pemulasaraan, tim relawan membagikan jenazah tool kit berisi kain kafan, sabun, shampoo, parfum melati, handuk, dan kapur barus.

FMP pun siap menyediakan lahan pemakaman. FMP menerima jenazah korban meninggal gempa Cianjur, untuk dimakamkan di pemakaman muslim yang berlokasi di Cikalong, Kabupaten Bandung Barat, dan Tamansari Kabupaten Bogor.

Untuk bencana Cianjur ini, FMP telah menyediakan 300 kavling di FMP Bogor dan 50 kavling di FMP Cikalong, Bandung Barat.

Banyak Bayi dan Balita Terdampak Gempa, RBC Salurkan Makanan Bayi di Kampung Munjul I, Kab. Cianjur

Melalui donasi kebaikan yang Sahabat amanahkan, sebagian juga disalurkan dalam bentuk makanan bayi. Sebab tak hanya orang dewasa, bencana ini juga berdampak pada bayi dan balita.

Paket makanan pun segera dibagikan di Kp. Munjul I, Desa Gasol, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur.

Meski begitu, pembagian ini baru dilakukan agak malam karena jauhnya posko dari pusat bantuan. Semoga adanya bantuan ini dapat mencukupi asupan nutrisi untuk para bayi dan balita yang masih berada di posko pengungsian. Aamiin..

Penyaluran Tool Kit Jenazah untuk Penyintas Cianjur

“Tetangga kami banyak yang belum ditemukan kang…”

Begitulah kisah Pak Enjang dengan pilu pada tim relawan. Pak Enjang adalah salah satu penyintas gempa asal Desa Mangunkerta, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur.

Dampak bencana ini sedemikian besarnya untuk Pak Enjang dan warga Cugenang, sehingga menyebabkan 271 orang meninggal dunia, dan 151 orang lainnya belum ditemukan.

Di satu sisi, ia berharap tetangga-tetangganya itu masih sehat wal afiyat. Namun di sisi lain, ada kekhawatiran pula mereka meninggal akibat tertimbun reruntuhan.

Di tengah ketidakpastian itu, Sinergi Foundation memberikan 2 tool kit jenazah sebagai bentuk ‘jaga-jaga’ jika mendapati kerabat dan tetangganya ditemukan meninggal.

Diketahui, karena banyaknya korban meninggal, stok kain kafan menipis. Sempat ada kasus di mana jenazah tak tertangani karena kondisi tersebut.

Apalagi masjid dekat rumah Pak Enjang ambruk bangunannya, padahal semua peralatan jenazah ada di sana. Dan kini mereka hanya memiliki satu cadangan saja.

Adanya bantuan ini membantu Pak Enjang dan warga lainnya lebih sigap jika ada kabar kehilangan. Tool kit jenazah itu sendiri berisi kain kafan, kapur barus, parfum melati, sabun, shampoo, kapas, dan handuk.

Akomodir Aktivitas Warga, Sinergi Foundation Bangun Musala Darurat

Sinergi Foundation berencana membangun musala darurat untuk warga RT 1 RW 06 Kampung Munjul II Desa Gasol, Kecamatan Cugenang. Musala tersebut berukuran 5×10 meter, atau dapat menampung sekitar 40-50 jemaah.

Pihaknya berencana membangun musala dalam dua tahap. Pertama, musala yang dibangun menggunakan terpal.

Tujuannya, untuk mengakomodir aktivitas warga seperti salat berjemaah atau pengajian. Termasuk di dalamnya, untuk mempersiapkan kegiatan trauma healing atau Layanan Dukungan Psiko-Sosial (LDP).

Setelah itu, ketika kegiatan mulai stabil atau berjarak dua minggu ke depan, akan dibangun musala darurat berbahan rangka baja.

Pembangunan musala ini juga ditengarai oleh semangat warga dalam salat berjemaah. Nantinya, akan ada dua titik tambahan untuk membangun musala serupa.

Adapun untuk pelaksanaan salat Jumat hari ini, warga memanfaatkan tenda yang dibangun instansi setempat. Sinergi Foundation sendiri membantu dengan penyiapkan alas berupa terpal untuk salatnya.

Bantu Penyintas Gempa, Rumah Bersalin Cuma-Cuma Sambangi Posko-Posko Kesehatan

Sejak siang, tak henti-hentinya tim Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) bersama FK Unpad dan Relawan Medis Cianjur menyusuri setiap posko di Kampung Munjul I, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11).

Kampung ini merupakan salah satu daerah yang masih belum banyak terjamah oleh relawan medis sehingga banyak warga yang membutuhkan perawatan terutama luka akibat tertimpa reruntuhan.

Beberapa masyarakat mengalami infeksi pada luka karena terlambat mendapatkan penanganan. Namun tim medis RBC bersama tim gabungan relawan lainnya berusaha untuk membersihkan luka agar menghambat infeksi.

Jarangnya tim medis di wilayah ini memaksa para warga untuk menyambangi setiap posko untuk mencari keberadaan tim medis. Sehingga RBC dan para relawan berusaha semaksimal mungkin untuk berkeliling agar warga mendapatkan perawatan.

Paket Nasi untuk Penyintas Gempa Cianjur Berasal dari Pemberdayaan Dapur Warga

Makanan menjadi salah satu bantuan yang paling dibutuhkan saat ini. Karena itu, kebaikanmu disalurkan dalam bentuk paket nasi bagi para penyintas gempa Cianjur.

Meski begitu, paket-paket nasi ini bukan dikirim dari Bandung loh Sahabat. Tapi berasal dari gotong royong para penyintas sekitar juga.

Dari setiap butiran nasi dan lauk yang dikonsumsi semoga memberi semangat bagi para penyintas untuk lebih kuat dan sabar dalam menghadapi ujian yang luar biasa ini.

Sahabat, mari bersinergi bantu warga yang terdampak musibah bencana di Indonesia dengan salurkan donasi terbaikmu!

KLIK bit.ly/sinergitanggapbencana

Atau transfer melalui :
BSI 700 546 3108 a.n Sinergi Foundation
Rekening bank lainnya klik bit.ly/rekeningSF

Hubungi kami untuk info :
Whatsapp/SMS 081 321 200 100
www.sinergifoundation.org

Donatur SF Salurkan 2.540 Pcs Roti dan 504 Botol Mineral untuk Penyintas Gempa Cianjur

Sebanyak 2.540 pcs roti Amanda dan 504 botol air mineral disalurkan untuk warga Desa Gasol, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur.

Desa ini merupakan Desa yang paling banyak mengalami kerugian materil dan jiwa.

Sekretaris Desa Gasol, Pak Aceng, mengungkap, “Ada 62 jiwa yang meninggal dunia, dan 70% warga dari total 7000 jiwa di Desa ini mengalami luka-luka.”

Ia pun menyatakan bahwa 90% bangunan yang ada di desa ini mengalami kerusakan ringan hingga hancur total.

Selain menyalurkan bantuan pangan, SF juga menggelar aksi kesehatan dengan menerjunkan para bidan dan relawan dokter @rbc_sinergi

Insya Allah, Sinergi Foundation juga akan menggelar beberapa program bantuan untuk kampung-kampung di Desa Gasol, seperti pembuatan Mushola darurat dan bantuan lainnya.


Sahabat, mari bersinergi bantu warga yang terdampak musibah bencana di Indonesia dengan salurkan donasi terbaikmu!

KLIK bit.ly/sinergitanggapbencana

Atau transfer melalui :
BSI 700 546 3108 a.n Sinergi Foundation
Rekening bank lainnya klik bit.ly/rekeningSF

Hubungi kami untuk info :
Whatsapp/SMS 081 321 200 100
www.sinergifoundation.org

Sinergi Foundation Salurkan Bantuan untuk Penyintas Gempa Cianjur

gempacianjur“Pak, disini masih banyak yang belum kebagian makanan.”

Di sepanjang jalan menuju posko-posko pengungsian, mobil kami seringkali diberhentikan oleh warga yang meminta bantuan pangan.

300 paket nasi disalurkan pagi ini untuk warga Kampung Tunggilis, Desa Ciherang, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

Desa ini termasuk desa yang terkena dampak cukup parah dari gempa. 3 warga di kampung ini dikabarkan meninggal karena reruntuhan bangunan.

Sahabat, mari bersinergi bantu warga yang terdampak musibah bencana di Indonesia dengan salurkan donasi terbaikmu!

KLIK bit.ly/sinergitanggapbencana

Atau transfer melalui :
BSI 700 546 3108 a.n Sinergi Foundation
Rekening bank lainnya klik bit.ly/rekeningSF

Hubungi kami untuk info :
Whatsapp/SMS 081 321 200 100
www.sinergifoundation.org

Bersama GDD, Sinergi Foundation Salurkan 50 Bantuan Medis Untuk Korban Agresi Zionis

Agresi militer zionis yang memborbardir Gaza selama 3 hari, meninggalkan luka dan duka yang amat mendalam.

Tak hanya menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah penduduk, tapi juga menelan korban jiwa. Setidaknya 48 orang meninggal dalam insiden ini dan lebih dari 300 orang terluka.

Untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza, Sinergi Foundation berkolaborasi bersama Gazze Destek Denergi (GDD) menyalurkan bantuan berupa 50 tas medis untuk korban terluka di bagian utara Jalur Gaza di Jabalia Camp sekitar kota Beit Hanoun.

Tas medis ini berisi pertolongan pertama dan suplai obat-obatan lain yang dibutuhkan oleh korban terluka.

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir, semoga Allah membantu umat Islam untuk bersatu dalam melawan kedzaliman zionis..

www.sinergifoundation.org

Syukron Sahabat! Donasimu Hadirkan Santapan Bergizi Untuk Palestina

Eskalasi serangan ke Palestina setiap kali Ramadhan rasanya adalah pemandangan yang sering kita saksikan.

Di tengah kecamuk perang, tentu begitu sulit mendapat asupan yang nikmat dan bergizi. Sedang untuk bisa merasakan kenyang saja, bagi mereka adalah anugerah luar biasa.

Di Ramadhan ini, berkat donasi dari Sahabat semua, Alhamdulillah kita bisa berikan suguhan terbaik bagi meraka

Syukron, Jazakumullahu khairan katsiraan para donatur!

Siap Manfaatkan Jembatan, Warga Desa Neglasari Dan Gelar Pawitan Sambut Gembira Peresmian

Suka cita riuh menyambut peresmian jembatan penghubung antara Desa Neglasari dan Gelar Pawitan. Bagaimana tidak, diawal tahun 2018 silam, jembatan penghubung ini terputus akibat derasnya arus sungai. Dampaknya, menyempitkan roda ekonomi Desa Gelar Pawitan.

Selama 4 tahun warga Desa Gelar Pawitan mengupayakan berbagai ikhtiar membangun jembatan darurat. Namun dengan hanya berbahan bambu usia jembatan darurat tersebut sanggup bertahan beberapa bulan saja karena menjadi akses bagi pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Padahal penduduk setempat membutuhkan akses bagi kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil tani dan ternak mereka.

Alhamdulillah, dibangunnya kembali jembatan permanen di Desa Gelar Pawitan menjadi kabar yang paling membahagiakan bagi warga setempat. Karena tak hanya melambungkan asa anak-anak desa untuk bersekolah, tapi juga menggulirkan kembali roda ekonomi yang sempat tersendat.

Jazakumullah khair kepada YBM PLN, YBM BRILiaN, Komunitas DCAB-ID Bandung dan segenap warga Desa Gelar Pawitan dan Neglasari, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur yang bergotong royong bersama Sasaka Indonesia – Sinergi Foundation mewujudkan jembatan permanen pertama ini.

Semoga setiap langkah yang melewati jembatan ini menjadi amal jariyah hingga akhir masa nanti..

www.sinergifoundation.org

4 Tahun Warga Neglasari Mendamba Jembatan Permanen, Mimpi Itu Akhirnya Terwujud!

Awal tahun 2018 menjadi momen yang tak terlupakan bagi warga Desa Neglasari dan Gelar Pawitan. Hujan diikuti luapan air sungai yang deras menghanyutkan jembatan yang menjadi satu-satunya akses penghubung desa.

Hal ini tak hanya membuat Desa Gelar Pawitan sulit dijangkau, tapi juga segera menghambat roda perekonomian di sana. Hasil pertanian dan peternakan sulit diangkut karena keterbatasan mobilitas.

Bukan sekali dua kali, warga Gelar Pawitan memperbaiki jembatan. Meski telah bergotong royong, jembatan yang dapat dibuat hanya berbahan dasar bambu karena keterbatasan dana. Padahal ada sekitar 1.880 jiwa yang bergantung pada jembatan ini.

Melihat hal ini, SASAKA berkolaborasi bersama YBM PLN, YBM BRI dan DCAB-ID Bandung siap mewujudkan harapan warga untuk memiliki jembatan permanen yang juga bisa dilalui mobil.

Saat ini sedang dalam proses pengerjaan. Insya Allah, setelah selesai akan semakin membantu pengembangan ekonomi warga setempat.

Mohon doa dan dukungannya ya Sahabat!

———-

SASAKA merupakan program transformasi dari Sinergi for Humanity, yang kini fokus dalam pembangunan jembatan kebaikan bangsa berbasis kolaborasi, inovasi dan pemberdayaan.

www.sinergifoundation.org

Sinergi Bangun Shelter Humanis untuk Korban Gempa Mamuju

Tepat 12 hari pasca kejadian bencana gempa menimpa warga Mamuju dan Majene. Apa kabar dengan kesehatan mereka? Apa kabar masa depan mereka? Apa kabar pendidikan mereka? Apa kabar rumah roboh mereka? Apa kabar masjid/mushola mereka?

Dari pantauan Sinergy For Humanity, saat ini para warga terdampak gempa masih bertahan di tenda pengungsian. Beberapa keluarga juga terpaksa tinggal di bekas kandang karena tenda pengungsian yang sesak.

Di bekas kandang yang baunya masih menusuk, lengkap dengan fasilitas kandangnya, terlihat masih ada pengungsi lansia dan balita yang masih bertahan disana.

Menuju hari ke hari pasca bencana, para pengungsi mulai merasakan lelah yang bertambah, seringkali mereka juga membagikan cerita kondisi mereka saat ini yang memprihatinkan. Beberapa keluhan penyakit juga sudah mulai menjamur dan dirasakan oleh para pengungsi.

Sahabat, mari kita bangun tempat yang lebih manusiawi yaitu dengan membangun shelter darurat untuk para warga terdampak. Nantinya, keberadaan shelter ini akan menjaga privasi, dan memudahkan akses kebutuhan dasar, serta mampu memantik semangat untuk melanjutkan hidup pasca bencana.

KLIK link bit.ly/sinergitanggapbencana

Transfer Donasi ⁣⁣
BSM 700 546 3108 ⁣⁣⁣
Mandiri 130 000 4040 435⁣⁣
BNI Syariah 925 534 68⁣⁣
a.n Sinergi Foundation⁣⁣⁣
⁣⁣
BCA 008 305 3485⁣⁣
a.n Yayasan Semai Sinergi Umat⁣⁣
⁣⁣
Konfirmasi Donasi melalui SMS/WA 081 321 200 100⁣⁣

Potret Ceria Anak-Anak Mamuju Pasca Bencana Gempa⁣

Duka mendalam masih dirasakan warga pasca bencana Mamuju-Majene. Meski begitu, ada pemandangan yang unik di Mamuju.⁣

Tepat di depan perpustakaan sekolah yang dindingnya retak dan tiang-tiangnya hampir roboh. Anak-anak tampak asik bermain bola di halaman depan perpustakaan. ⁣

Mereka berlarian kesana kemari saling mengejar bola. Bermain menjadi salah satu aktivitas psikososial yang mereka lakukan sebagai pelipur lara, pasca dua pekan lalu mereka alami guncangan gempa yang dahsyat. ⁣

Tak bisa dipungkiri, dibalik keceriaan yang terlihat dari raut wajah mereka, tersimpan luka mendalam akibat gempa. Anak-anak memang termasuk kelompok yang rentan terkena sisi psikologinya pasca bencana alam.⁣

Sehingga melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi mereka sangat bermanfaat mengobati traumatik yang mereka rasakan.

Berikan Trauma Healing

Bencana yang menimpa anak, umumnya akan menimbulkan trauma yang memicu mereka untuk memberikan respon baik secara psikologis maupun emosional. Oleh karena itu, pendampingan trauma healing pasca bencana terjadi sangat penting untuk menghilangkan trauma pada anak.⁣

Relawan juga berperan penting dalam membangkitkan semangat anak-anak kembali. Seperti yang tim Sinergy For Humanity lakukan pada Jum’at lalu (22/1), awalnya kami hanya berniat membagikan sedekah makan siang kepada para pengungsi disana. ⁣

Namun, para pejuang cilik yang diantaranya anak-anak korban terdampak gempa, tak keberatan untuk membantu kami membagikan kotak makan ke tenda-tenda pengungsian. Lihatlah, bagaimana mereka memberikan senyum yang tulus dibalik traumatik yang mereka rasakan.⁣

Sahabat, yuk kembalikan senyum anak-anak Mamuju kembali dengan bantu mereka mendapatkan tempat beristirahat yang layak.

Transfer Donasi ⁣⁣
BSM 700 546 3108 ⁣⁣⁣
Mandiri 130 000 4040 435⁣⁣
BNI Syariah 925 534 68⁣⁣
a.n Sinergi Foundation⁣⁣⁣
⁣⁣
BCA 008 305 3485⁣⁣
a.n Yayasan Semai Sinergi Umat⁣⁣
⁣⁣
Konfirmasi Donasi melalui SMS/WA 081 321 200 100⁣⁣
atau berdonasi melalui link bit.ly/sinergitanggapbencana

Sinergi Bangun Shelter Humanis untuk Korban Gempa Mamuju

Tepat 12 hari pasca kejadian bencana gempa menimpa warga Mamuju dan Majene. Apa kabar dengan kesehatan mereka? Apa kabar masa depan mereka? Apa kabar pendidikan mereka? Apa kabar rumah roboh mereka? Apa kabar masjid/mushola mereka?

Dari pantauan Sinergy For Humanity, saat ini para warga terdampak gempa masih bertahan di tenda pengungsian. Beberapa keluarga juga terpaksa tinggal di bekas kandang karena tenda pengungsian yang sesak.

Di bekas kandang yang baunya masih menusuk, lengkap dengan fasilitas kandangnya, terlihat masih ada pengungsi lansia dan balita yang masih bertahan disana.

Menuju hari ke hari pasca bencana, para pengungsi mulai merasakan lelah yang bertambah, seringkali mereka juga membagikan cerita kondisi mereka saat ini yang memprihatinkan. Beberapa keluhan penyakit juga sudah mulai menjamur dan dirasakan oleh para pengungsi.

Sahabat, mari kita bangun tempat yang lebih manusiawi yaitu dengan membangun shelter darurat untuk para warga terdampak. Nantinya, keberadaan shelter ini akan menjaga privasi, dan memudahkan akses kebutuhan dasar, serta mampu memantik semangat untuk melanjutkan hidup pasca bencana.

KLIK link bit.ly/sinergitanggapbencana

Transfer Donasi ⁣⁣
BSM 700 546 3108 ⁣⁣⁣
Mandiri 130 000 4040 435⁣⁣
BNI Syariah 925 534 68⁣⁣
a.n Sinergi Foundation⁣⁣⁣
⁣⁣
BCA 008 305 3485⁣⁣
a.n Yayasan Semai Sinergi Umat⁣⁣
⁣⁣
Konfirmasi Donasi melalui SMS/WA 081 321 200 100⁣⁣

Respon Gempa di Majene dan Mamuju, Sinergi Foundation Kirimkan Tim S4H

Respon Gempa di Majene dan Mamuju, Sinergi Foundation Kirimkan Tim S4H

Gempa bumi berkekuatan 6.2 SR mengguncang Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada hari Kamis, 14 Januari 2021. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis jumlah korban; sebanyak 90 orang meninggal, 663 warga menderita luka-luka, dan lebih dari 9.000 orang mengungsi.

Gempa ini juga menyebabkan kerusakan pada 1.150 rumah penduduk, rumah sakit, tempat ibadah, kantor pemerintahan, jembatan, dan sekolah. Hingga kini BNPB masih dalam proses pendataan.

Menanggapi bencana ini, Sinergi Foundation mengirimkan tim Sinergy for Humanity (S4H). Alhamdulillah tim S4H telah sampai di Mamuju, Sulbar, hari Selasa (18/01/2021) dan kini tengah melakukan melakukan asessment terlebih dahulu guna mencari data dan mengidentifikasi kebutuhan mendesak yang dibutuhkan oleh warga.

“Berharap kehadiran team Sinergy for Humanity dan team kemanusiaan lainnya, akan berdampak positif kepada para penyintas yang sedang terpuruk dan betul betul memerlukan kehadiran kita semua,” tutur Koordinator S4H, Komaludin di Mamuju, Sulbar.

Adapun Kebutuhan mendesak yang umumnya dibutuhkan adalah kebutuhan logistik seperti sembako, hygine kit, air bersih, selimut & tikar, tenda pengungsi, terpal, masker dan pelayanan medis.

Sedangkan respon jangka panjang yang akan dilakukan tim S4H yaitu merealisasikan program Rumah Tumbuh. Rumah Tumbuh adalah sebuah program pembangunan rumah warga yang terdampak gempa.

Rumah Tumbuh mengusung konsep bangunan ramah lingkungan dengan setengah pondasi rumah yang berbahan baku batu bata. Sedangkan bagian atasnya menggunakan bilik yang berbahan dasar bekas runtuhan rumah warga.⁣

Bangunan Rumah Tumbuh rencananya akan dibangun di lahan kosong di sekitar rumah warga yang rusak. Program ini juga turut memberdayakan warga untuk bergotong royong mengisi kegiatan pasca bencana. ⁣

Dengan terealisasinya program Rumah Tumbuh, insya Allah, akan membantu warga Manjene terutama korban terdampak untuk berlindung diri.

Bantu Majene Kuat, Mamuju Bangkit melalui transfer donasi di BSM 700 546 3108 ⁣
a.n Sinergi Foundation

Atau KLIK ⁣bit.ly/sinergitanggapbencana

Konfirmasi Donasi melalui :
Whatsapp/Telepon 081 321 200 100
www.sinergifoundation.org

Tim Relawan Sinergi for Humanity (S4h), Sinergi Foundation

sinergi foundation respon gempa majene s4h